logo


Kementerian ESDM Pasang 205 Titik Penerangan Berbasis Surya di Jalan Raya Bantul

Selain lebih efisien, penggunaan PJU-TS juga disebut lebih ramah lingkungan

15 Oktober 2019 14:26 WIB

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS)
Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Ist

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian ESDM memberikan sebanyak 205 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang dipasang di Jalan raya Bantul. Pemasangan 2015 PJU-TS ini dilakukan karena minimnya penerangan jalan di Jalan Raya Bantul.

Selain lebih efisien, penggunaan PJU-TS juga disebut lebih ramah lingkungan untuk daerah perkotaan karena menggunakan sumber energi matahari.

"Fasilitas PJU-TS sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik dari PLN dan juga bisa diaplikasikan di kawasan perkotaan," ujar Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM, Antonius Ratdomo Purbo, Senin (15/10).


Berani Mengubah Arah Bisnis

Pada tahun 2019, sambung Purbo, program bantuan PJUTS diberikan kepada 25 Provinsi dengan jumlah 2.500 titik. Di Yogyakarta sendiri mendapat jatah 600 titik tersebar di Bantul 205 titik, Kulon Progo 55 titik dan Gunung Kidul 340 titik.

Purbo berharap masyarakat mampu menjaga fasilitas PJU-TS yang pembangunannya menggunakan APBN. "Kami berharap pemerintah daerah dan masyarakat dapat merawat aset milik pemerintah ini, sehingga dapat bermanfaat lebih lama, seperti halnya lampu PJU-TS," harapnya.

Sementara itu, mewakili masyarakat Bantul Bupati Bantul Suharsono menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan Kabupaten Bantul.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan
 
×
×