logo


Ini yang Perlu Diperhatikan untuk Persiapan Pendakian Gunung Bagi Pemula

simak penjelasannya

14 Oktober 2019 17:29 WIB

blibli.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan jalan-jalan favorit bagi pecinta alam. Udara yang segar dan pemandangan yang keren menjadi alasannya. Berikut beberapa persiapan sederhana bagi para pendaki pemula.

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit.
Mendaki gunung memerlukan stamina dan fokus yang tinggi. Memaksakan diri untuk mendaki saat kondisi tubuh tidak fit sangat tidak direkomendasikan. Orang sedang sakit biasanya lebih mudah untuk kelelahan dan kedinginan sehingga meningkatkan resiko terkena serangan hipotermia.

2. Pakai Peralatan Khusus
Membutuhkan peralatan tertentu untuk menghadapi suhu dan medan yang ekstrem. Jaket khusus berbahan polar yang anti angin sangat diperlukan dalam menghadapi suhu yang sering hanya beberapa derajat lebih tinggi dari titik beku. Selain itu, jangan lupa gunakan sleeping bag untuk tidur di dalam tenda dan pastikan juga tenda yang kamu gunakan untuk berkemah sudah dilapisi dengan bahan anti air pada bagian luarnya agar tidak kemasukan air saat hujan.


Surga Tersembunyi Di Pulau Jawa, bikin Liburanmu Berbeda

3. Jaga Pakaian Selalu Kering
Pakaian yang dikenakan saat mendaki gunung sebaiknya dalam kondisi kering, khususnya saat tidur didalam tenda. Baju yang basah membuatmu lebih kedinginan saat malam hari dan meningkatkan resiko hipotermia.

4. Logistik yang Memadai
Hipotermia tidak hanya dikarenakan oleh suhu dan pakaian basah saja lho. Pendaki yang kelaparan lebih beresiko untuk terserang hipotermia. Jadi, bawalah dan atur logistikmu saat mendaki gunung. Mengonsumsi makanan akan menambah tenaga dan menghasilkan panas tubuh. Bawa juga minuman penghangat tubuh seperti wedang jahe.

5. Lihat Cuaca
Sebelum memutuskan untuk memulai pendakian, faktor cuaca adalah faktor terpenting untuk diperhatikan. Walaupun peralatan dan perlengkapanmu sudah lengkap dan memadai, namun kamu tidak akan bisa mengalahkan alam. Cari informasi di basecamp mengenai cuaca beberapa waktu terakhir. Banyak sekali pendaki yang tidak berhasil pulang dengan selamat saat mendaki gunung dalam cuaca buruk.

Topan Hagibis Menerjang Jepang, Sistem Transportasi Lumpuh

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia