logo


Resmikan Palapa Ring, Jokowi: Komunikasi Digital Jadi Kunci Utama

Palapa Ring Barat Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur Kesemuanya telah beroperasi.

14 Oktober 2019 16:28 WIB

Peresmian Palapa Ring (14/10)
Peresmian Palapa Ring (14/10) dok. Kominfo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Palapa Ring Resmi dioperasikan, keberadaan Palapa Ring akan memungkinkan komunikasi digital menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian mengatakan Palapa Ring yang dibangun pemerintah sejak 2015, Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur Kesemuanya telah beroperasi.

“Untuk Indonesia bagian Barat Palapa Ring telah selesai tahun lalu (2018), kemudian Indonesia bagian Tengah awal tahun ini sudah selesai, kemudian yang terkahir Indonesia bagian Timur juga Agustus lalu telah selesai,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10).


Sikapi Ancaman Keutuhan Bangsa, Kominfo Inisiasi Gerakan Bagimu Negeri

Dengan adanya Palapa Ring ini, Jokowi menegaskan Indonesia telah berkembang cepat dari era analog ke era digital. Jokowi juga menambahkan komunikasi digital menjadi kunci utama untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia.

"Dunia telah berubah dari analog ke era digital, dan teknologi di era digital sekarang ini telah menerobos batasan jarak, telah menerobos batasan waktu, komunikasi, pengiriman informasi bisa dilakukan sangat cepat tanpa kendala jarak dan waktu,” imbuhnya.

Presiden juga menceritakan betapa beratnya kerja yang dilakukan pemerintah melalui BAKTI Kementerian Kominfo, terutama Palapa Ring Timur yang merupakan daerah pegunungan.

“Memang kemarin yang paling berat dan mundur ada di Indonesia bagian Timur, terutama di Papua sangat beda sekali bisa diliat, dan tidak semua yang di Papua menggunakan fiber optic baik di laut maupun di darat,” ungkap Kepala Negara.

Walaupun tantangan pembangunan proyek ini sangat berat tetapi pemerintah tetap berkomitmen untuk terus membangun dan menyelesaikan Proyek Palapa Ring sesuai targetnya.

“Ini sangat berbeda sekali jika kita bandingkan dengan negara-negara di sekitar kita, ini negara besar, negara yang sangat besar dan sangat luas. Kita harus bersyukur (Proyek Palapa Ring) telah selesai,” pungkasnya.

Hari ini, Tol Langit Resmi Beroperasi

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman