logo


Hari ini, Tol Langit Resmi Beroperasi

Jaringan menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia

14 Oktober 2019 15:06 WIB

Palapa Ring
Palapa Ring dok. Kominfo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menkominfo Rudiantara meresmikan beroperasinya Palapa Ring Timur yang telah selesai dibangun bulan Agustus 2019 lalu. Hal ini dilakukan di Istana Negara, Senin (14/10).

Palapa Ring merupakan proyek ambisius pemerintah membangun backbone jaringan serat optik nasional menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia.

Seperti yang dirilis dari laman Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Pembangunan 'tol langit ini melibatkan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU.


Wacana Integrasi Digital di Kawasan ASEAN, Indonesia Usulkan

Direktur Sumber Daya dan Administrasi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) Fadhilah Mathar mengatakan Palapa Ring memeratakan kecepatan internet di seluruh Indonesia.

"Proyek ini secara bertahap akan memeratakan kecepatan internet di seluruh Indonesia dengan disparitas harga yang semakin kecil antara wilayah di Jawa dengan wilayah di luar pulau Jawa," ujar Fadhilah dalam keterangan tertulisnya.

Pada tahap akhir instalasi akhir Palapa Ring Timur antara lain di Wamena (Kab. Jayawijaya), Kenyam (Kab. Nduga), dan Oksibil (Kab. Pegunungan Bintang).

Dengan selesainya Palapa Ring Timur akan menghubungkan 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi di wilayah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku dengan panjang 4.426 kilometer di laut dan 2.452 kilometer di darat.

Diharapkan konektivitas telekomunikasi nasional akan mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan pertumbuhan, termasuk perbaikan iklim bisnis dan investasi di Indonesia.

Bukan hanya itu, internet cepat ini juga diharapkan terjadinya akselerasi digitalisasi di sektor pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan sosial, termasuk jaminan sosial.

Pemanfaatan adanya Palapa Ring juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kompetensi SDM dan menghubungkan masyarakat Indonesia secara adil dan merata (Indonesia-sentris) kepada kesempatan-kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Sikapi Ancaman Keutuhan Bangsa, Kominfo Inisiasi Gerakan Bagimu Negeri

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman