logo


Tak Dilibatkan Jokowi dalam Penyusunan Kabinet, KPK Legowo

Simak berita selengkapnya

14 Oktober 2019 13:45 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menyelesaikan penyusunan kabinet menteri pemerintah periode keduanya. Namun Jokowi belum mengumumkan kabinet menteri tersebut.

"Sudah (selesai menyusun kabinet)," kata Jokowi yang dikutip Jitunews dari tayangan video kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Meski susunan kabinet telah dibuat oleh Jokowi, namun KPK mengaku tidak turut terlibat dalam proses penyusunan kabinet itu. Kendati demikian, lembaga antirasuah itu mengharapkan orang yang dipilih presiden mempunyai catatan positif.


Arteria: Kalau Dibilang Saya Tukang Bacot, Febri Lebih dari Tukang Bacot

"Kita tidak diikutkan tetapi kita berharap bahwa yang ditunjuk oleh presiden adalah orang-orang yang mempunyai track record yang bagus," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (Anti-Corruption Learning Center/ACLC), sebagaimana dilansir dari Detik, (14/10).

Laode juga menambahkan bahwa KPK siap memberi masukan kepada pemerintah jika diminta. Yang terpenting menurutnya, Presiden Jokowi mengetahui para menteri yang ditunjuk mempunyai integritas di bidangnya.

"Bila dimintai (masukan), kita akan berikan masukan. Kalau tidak, tidak apa-apa. Kita berharap bahwa (Jokowi) memilih yang betul-betul bersih, integritas yang baik, dan profesional di bidangnya yang dia akan kerjakan," tambahnya.

Gerindra Merapat ke Kabinet, Politisi Golkar: Tidak Baik dalam Kerangka Demokrasi Kita

Halaman: 
Penulis : Iskandar