logo


Jokowi Bertemu Ketum-ketum Parpol Sebelum Umumkan Kabinet

PDIP tidak tahu apa yang dibicarakan Jokowi dengan ketum parpol lainnya

11 Oktober 2019 16:27 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PDIP mengatakan bahwa sebelum mengumumkan kabinet Presiden Joko Widodo mengagendakan bertemu dengan para ketua umum parpol. Hal ini

"Sebelum Pak Jokowi akan mengumumkan kabinetnya setelah dilantik 20 besok, beliau akan bertemu dengan ketum-ketum parpol, baik parpol koalisi dan ketum di luar pendukung," kata Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10).

Namun, ia tidak tahu apa yang dibicarakan Jokowi dengan ketum parpol lainnya.


Soal AHY Jadi Menteri, Demokrat: Keilmuan Dia Luas Sekali, Tidak 'Balak Kosong'

"Ya mengenai substansi pembicaraan dan kesepakatan dalam pertemuan itu saya kira tergantung keputusan politik Pak Jokowi. Karena kalau dalam bentuk kerja samanya adalah di kabinet, maka wewenang prerogatif itu ada di tangan Jokowi," ungkapnya.

Basarah mengatakan bahwa partainya membuka diri terhadap parpol-parpol non-pendukung Jokowi yang ingin bergabung ke koalisi.

"PDIP semangatnya adalah semangat gotong royong. Negara yang besar ini harus dikelola secara bersama sehingga sikap kita membuka diri terhadap kerja sama itu. Tapi sekali lagi, keputusan politiknya ada di tangan Jokowi selaku pemegang hak prerogatif. Kita tunggu keputusan Jokowi," kata Basarah.

Diketahui, Jokowi bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Istana hari ini. Sebelumnya, Jokowi juga bertemu dengan Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana.

Arteria Dahlan Banyak Dikecam, Maman Imanulhaq: "Hati-hati Bersikap di Area Publik"

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata