logo


Dituntut Minta Maaf, Arteria Dahlan: "Kebalik Dong"

berikut penjelasannya

11 Oktober 2019 16:26 WIB

detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (Himpasiling UI) menuntut Arteria Dahlan untuk menyampaikan permintaan maaf setelah bersikap kasar kepada Dosen Pascasarjana UI Emil Salim.

Sikap dan perilaku Arteria Dahlan dinilai Himpasiling telah menyalahi aturan integritas anggota DPR yaitu 'menghindari perilaku tidak pantas, tidak patut yang dapat merendahkan citra dan kehormatan DPR, baik di dalam gedung DPR maupun di luar gedung DPR menurut pandangan dan etika yang berlaku dalam masyarakat.

Dalam tuntutan tersebut, Himpasiling UI meminta permohonan maaf Arteria disampaikan secara langsung dalam waktu 3x24 jam serta disampaikan ke publik dalam seperempat halaman koran nasional dalam tempo 7x24 jam.


Arteria Dahlan Sebut Sesat sambil Menunjuk Muka Emil Salim, Ketua DPP Golkar: "Pak Emil Salim itu Senior Saya"

Jika tuntutan permintaan maaf tersebut tidak dilakukan, Himpasiling UI akan menuntut PDIP agar segera melakukan pergantian antarwaktu atas Arteria Dahlan.

Sebelumnya Arteria juga mendapat kecaman di media sosial karena dianggap emosional saat berinteraksi dengan Emil Salim. Bahkan ia sempat menunjuk-nunjuk dan menyebut ekonom senior Emil Salim sesat dalam acara Mata Najwa.

Tuntutan Himpasiling UI tersebut ditanggapi Arteria Dahlan dengan santai. Ia bahkan berujar bahwa yang seharusnya meminta maaf adalah Emil Salim. Politikus PDIP sekaligus pengacara itu menyebut bahwa Emil telah menyampaikan pernyataan yang mendiskreditkan DPR pada acara talkshow Mata Najwa, Rabu (9/10).

"Yang bicara menghina, menista, memfitnah, mendelegitimasi dan mendiskreditkan DPR, serta menegasikan sistem pemilu kan Prof. Emil," ujar Arteria Dahlan.

Arteria Dahlan Banyak Dikecam, Maman Imanulhaq: "Hati-hati Bersikap di Area Publik"

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia