logo


Tak Banyak yang Tahu, Aturan Baru: Lama Gak Ganti Ban Mobil Bisa Kena Denda Lho

Simak berita selengkapnya

12 Oktober 2019 17:30 WIB

Ban Mobil / Kendaraan
Ban Mobil / Kendaraan autos.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ban mobil kamu tidak pernah diganti dan kilometer pada mobil kamu sudah menunjukkan 30 ribu? Mungkin jika kamu berada di India, kamu sudah bisa kena denda lho.

Pasalnya, pemerintah India kini membuat aturan baru dari bulan lalu tentang usia ban mobil. Pada aturan tersebut disebutkan bahwa ban yang sudah dipakai lebih dari 30 ribu kilometer berpotensi membahayakan pengendara.

Baca Juga: Tak Hanya Pedas dan Asam, 2 Makanan Ini Juga Memicu Asam Lambung Naik


Sering Nyetir Mobil Tiap Hari? Awas, Berisiko Terkena Sakit.....

Tak Melulu Baik, Mandi Air Hangat Bisa Sebabkan....

Jika ketahuan, sanksinya gak main-main lho. Kepolisian India akan memberikan denda kepada pengemudi mobil tersebut.

"Berdasarkan IMV Act, itu menjelaskan bahwa ban harus diganti jika sudah dipakai menjangkau jarak 30 ribu kilometer atau mereka bisa kecelakaan karena ban kehilangan daya cengkram. Jadi denda akan dikenakan kepada mereka yang memakai ban yang sudah gundul, karena bisa menyebabkan kecelakaan," ujar polisi setempat yang dilansir dari Otosia.com, Kamis (10/10).

Untuk besaran dendanya, pelanggar akan dikenakan denda senilai INR 100 atau Rp19.931 (kurs INR 1=Rp199). Meski tergolong murah, tapi jika kamu melawan saat diberi denda oleh petugas kepolisian akan dikenakan denda dengan nilai yang sama lho.

Pasca Kerusuhan di Puncak Jaya, Satgas Pamtas RI-PNG Gelar Upacara Peringatan HUT TNI

"Ketika kami mendenda pelanggar, mereka sering melawan dan tak mau membayar denda. Mereka berusaha kabur. Saat itu, dengan memberikan denda kepada mereka, bisa membuat mereka disiplin," tandasnya.

Terungkap!! Ternyata Ini Alasan Setir Mobil Indonesia di Sebelah Kanan

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata