logo


Tak Melulu Baik, Mandi Air Hangat Bisa Sebabkan....

Simak berita selengkapnya

12 Oktober 2019 16:30 WIB

Ilustrasi Mandi Air Panas
Ilustrasi Mandi Air Panas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mandi menggunakan air hangat tentunya sangat menyegarkan dan juga bisa menghilangkan rasa capek setelah beraktivitas seharian penuh. Tetapi, apakah mandi air hangat selalu berdampak baik pada tubuh?

Jika Anda terlalu sering mandi dengan air hangat ternyata bisa memicu berbagai efek samping bagi tubuh manusia lho. Nah, kira-kira apa saja ya? Yuk simak.

Baca Juga: Lupa Bawa SIM, Apakah Bisa Kena Tilang? Ini Jawabannya


Jangan Sampai Terjadi! Ini Bahaya Mengerikan Jika Langsung Mandi Usai Bangun Tidur

Bukan Jakarta, Gak Disangka Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Termacet di Indonesia

1. Kulit kering dan pecah-pecah

Hal ini dikarenakan air hangat bisa menganggu fungsi kelenjar minyak dalma kulit. Di mana kelenjar minyak ini mempunyai fungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Saat fungsinya terganggu, kulit akan terasa kering dan tampak pecah-pecah.

2. Suhu tubuh tidak seimbang

Saat mandi dengan air hangat, kulit tidak mampu mengeluarkan panas tubuh dengan optimal. Sehingga akan terjadi penumpukan panas berlebihan dalam tubuh. Dan sesaat usai mandi, tubuh akan kembali ke suhu ruangan yang lebih rendah di mana bahayanya tubuh bisa mengalami hipotermia.

Pasca Kerusuhan di Puncak Jaya, Satgas Pamtas RI-PNG Gelar Upacara Peringatan HUT TNI

3. Tekanan darah turun tiba-tiba

Hal ini dikarenakan pembuluh darah dapat melebar akibat suhu hangat. Hal tersebut membuat aliran darah semakin deras. Efeknya, tekanan darah akan menjadi turun secara tiba-tiba.  

4. Berbahaya bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil, hindari mandi dengan air hangat apalagi masa awal kehamilan. Pasalnya, pertumbuhan janin akan terganggu dengan suhu tinggi.

Kamu Jarang Mandi Sore? Awas, Bahaya Ini Mengintaimu!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata