logo


Kemenperin Perkuat Ekosistem Digital IKM Melalui Platform SIIKMA, Apa Saja Manfaatnya?

Simak berita selengkapnya

10 Oktober 2019 16:58 WIB

Gati Wibawaningsih
Gati Wibawaningsih Biro Humas Kemenperin

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Platform SIIKMA baru saja diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Konektivitas dan ketersediaan informasi disinyalir dapat memperkuat ekosistem digital Industri Kecil Menengah (IKM).

Melalui platform tersebut, sesama pelaku IKM bisa mempunyai ruang untuk berdiskusi. Informasi mengenai IKM dapat langsung diunggah ke SIIKMA.

Sosialisasi bagi 1.221 IKM dapat dilakukan melalui forum tersebut. Dari ribuan jumlah itu, sebanyak 168 IKM sudah terdaftar dan telah melengkapi informasi perusahan.


Dorong Masuknya Investasi, Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal Akan Jadi KEK

“Pemerintah sangat butuh platform untuk berkomunikasi secara cepat dan massa dengan IKM sehingga melalui platform Sistem Informasi Industri Kecil Menengah dan Aneka (SIIKMA) kebutuhan itu akan terjawab,” ujar Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih melalui keterangannya di Jakarta, (10/10).

Gati menyebut Kemenperin sedang gencar mengembangkan program digital lainnya, seperti halnya penggunaan sistem Internet of Things (loT) dalam pembangunan Material Center.

Lanjut Gati, pemenuhan bahan baku tidak lagi membutuhkan jumlah minimum yang mengharuskan IKM membeli banyak bahan baku sesuai ketentuan pemasok. Pengembangan Material Center sudah diuji coba di daerah Tegal, Jawa Tengah.

RI-Singapura Sepakat Kembangkan 2 Kawasan Industri ini Jadi KEK

Halaman: 
Penulis : Iskandar