logo


Jokowi Terbitkan Perpres Bahasa Indonesia, Politisi PKB: "Setuju sama Pak Jokowi"

berikut penjelasannya

10 Oktober 2019 14:58 WIB

godepok.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Keadilan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq mendukung penuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menerbitkan Perpres tentang wajibnya penggunaan bahasa Indonesia dalam pidato resmi di forum internasional.

“Kalau saya setuju ya, setuju Pak Jokowi agar semua pejabat ngomong Bahasa Indonesia, termasuk acara-acara resmi di luar negeri,” ujar Maman di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (10/10).

Kendati demikian, Maman mengatakan dengan adanya kebijakan tersebut bukan berarti pejabat negara tidak meningkatkan kualitasnya untuk memahami bahasa asing.


Jokowi Terbitkan Perpres Tentang Wajibnya Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi di Forum Internasional

“The Founding Fathers kita dulu salah satu keistimewaanya mereka adalah menguasai bahasa asing seningga mereka bisa mengutip dengan bagus literasi-literasi publik seperti itu,” kata Maman.

Dalam hal ini, Maman melihat diterbitkan Perpres ini tidak berkaitan dengan absennya Presiden Jokowi di sidamg umum PBB

“Nggak ada kaitannya, itu memang dari awal menjadi pembahasan pembagian tugas ketika itu, karena rapat-rapat PBB berbarengan dengan persiapan Jokowi tiap tahun selalu dengan rutinitasnya yang sama. Jadi itu pembagiannya. Saya pernah ngobrol dengan Pak JK,” pungkasnya.

Bayar Iuran BPJS-mu! Atau Tidak Bisa Perpanjang SIM, Paspor, IMB, dan....

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia