logo


Nikah Tak Perlu Nunggu Mapan, Gaji 3 Juta Cukup kok, Asal ....

berikut penjelasannya

10 Oktober 2019 13:56 WIB

https://dailyhotels.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP_0032.jpg
https://dailyhotels.id/wp-content/uploads/2019/01/DPP_0032.jpg
dibaca 161 x

1. Memiliki Komitmen


Komitmen sangat dibutuhkan dalam menjalani hubungan yang serius, begitu pula dengan menabung. Sebelum kalian menabung pastikan kalian memiliki komitmen yang kuat dengan pasangan kalian. Karena proses menabung ini bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan secara konsisten.


Anak 'Zaman Now ' Tak Pernah Tau Serunya Permainan Ini

Ada beberapa hal yang harus kalian korbankan. Mulai dari menghilangkan kebiasaan, yang sebenarnya bisa kalian tabung uangnya seperti menonton bioskop, makan di restoran dan traveling yang mungkin harus kalian stop dulu untuk sementara waktu.

Jika kalian memegang teguh dengan komitmen awal kalian, pasti rintangan seperti itu akan dengan mudah dilewati dengan proses menabung yang menjadi lebih menyenangkan.

2. Buat Rincian Anggaran Menikah


Mulailah kalian menyusun kebutuhan beserta rincian pengeluaran yang kalian perlukan untuk pernikahan idaman. Buatlah rincian pernikahan dengan secara detail. Jangan hanya berfokus pada budget gaun, katering, photographer dan sewa gedung, pastikan kalian juga memikirkan hal yang kecil seperti cetak undangan, keamanan, kebersihan, suvenir tercatat dengan baik. Kalian tidak maukan tiba-tiba pengeluaran kalian membengkak karena hal -hal kecil tersebut.

Dari total anggaran tersebut, kalian sudah dapat mengetahui berapa target tabungan yang kalian butuhkan. Misal, kalian membutuhkan anggaran sebanyak Rp126 juta, dan kalian memiliki target menikah 3 tahun ke depan, maka perhitungan kasarnya akan seperti ini:

- Rp126.000.000 : ( 3 x 12 bulan ) = Rp3.500.000/bulan
- Rp3.500.000 : 2 orang = Rp1.750.000/bulan

Dengan begitu, kalian bersama pasangan memiliki target menabung sebanyak Rp1,75 juta setiap bulannya. Kalian juga masih memiliki sisah uang dari gaji kalian setiap bulannya sebanyak.

- Rp3.000.000 - Rp1.750.000 = Rp1.250.000/bulan

3. Siapkan Rekening Khusus Dana Nikah


Jika kalian sudah mengetahui target dana yang kalian butuhkan untuk pernikahan, segeralah membuat rekening khusus pernikahan jangan kalian satukan dengan rekening sehari-hari kalian karena kalian bisa saja menggunakan uang itu dengan tidak sadar. Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan kalian pada komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

4. Bawa Bekal Makan Siang dan Minum


Setelah menyisihkan sebagian dari gaji, langkah selanjutnya untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan mengubah gaya hidup. Salah satunya dengan membawa bekal makan siang serta minum. Dengan membawa bekal makan siang kalian dapat memangkas biaya makan hingga dua kali lipat.
Misal, tanpa bekal kalian menghabiskan uang sebesar Rp30.000. Sedangkan bekal yang kalian masak sendiri memiliki harga sebesar Rp15.000. Dalam sebulan kalian dapat menghemat hingga Rp450.000, jika kalian tidak membawa bekal pengeluaran pun akan semakin banyak tentu nya. Misal, Rp30.000 x 30 hari = Rp900.000, artinya kalu kalian bisa menghemat dengan cara membawa bekal:

- Rp450.000 x 2 orang = Rp900.000/bulan

- Rp900.000 x 36 bulan = Rp32.400.000

Sisah uang segitu sih lumayan banget buat nambahin biaya pernikahan impian kalian.

5. Perhitungkan Budget Transportasi


Selain membawa bekal, kalian juga dapat memperhitungkan pengeluaran untuk transportasi ke tempat kerja. Meskipun nilai dari budget transportasi terbilang kecil, namun jika diakumulasikan jumlahnya cukup banyak, loh!
kalian bisa menggunakan transportasi umum sebagai solusi karena masih terbilang murah.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ditantang Uya Kuya, Deddy Corbuzier Pakai Baju Seharga Mobil

Halaman: 
Admin : Tino Aditia