logo


Bamsoet telah Sepakati Tanggal dan Jam Pelantikan Presiden 2019-2024

berikut penjelasannya

9 Oktober 2019 15:50 WIB

heru muawin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pimpinan MPR, Bambang Soesatyo, telah menyepakati pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024  dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.

Penetapan waktu pelantikan tersebut akan segera dikoordinasikan dengan Kesekjenan MPR, protokol istana dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Akhirnya kita sepakat untuk mengusulkan nanti,baik ke sekjenan maupun protokol istana dan juga presiden untuk dilakukan pada jam 2 siang,” ujar Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10).


Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Jadi Minggu Sore, Ini Alasannya

Bamsoet menilai pukul 14.00 WIB adalah waktu yang tepat untuk pelaksanaan pelantikan presien dan wakil presiden yang jatuh pada hari Minggu.

Menurutnya apabila pelantikan itu dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, maka hal itu akan mengganggu aktivitas masyarakat yang sedang beribadah dan melakukan olahraga di hari Minggu.

“Format awal yang sudah diputuskan bahwa pelantikan seperti biasanya itu pukul 10 pagi, itu tidak masalah apabila jatuh di hari kerja, tapi kalau jatuh di hari minggu ada beberapa pertimbangan. Ada wacana diundur menjadi jam 4 sore, kenapa untuk memberikan kesempatan yang beribadah bagi masyarakat di hari minggu dan kita tidak ingin menggangu kegiatan masyarakat yang ingin berolahraga di car free day,” tuturnya.

Sedangkan apabila pelantikan itu dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB, maka waktu yang tersedia sangat sedikit. Oleh karena itu pimpinan MPR sepakat pelantikan presiden dan wakil presiden itu dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

“Kenapa karena CFD berakhir jam 11 siang, kemudian ibadah juga sudah selesai. Jam 1 siang kita juga yang muslim bisa seesai sholat zuhur dan kita masih sempet sholat ashar begitu upacara pelantikan selesai. Itulah kira-kira pertimbangan kami kenapa kami sepakat mengusulkan jam 2 siang,” pungkasnya.

Jadi Ketua MPR RI, Bamsoet Gelar Rapim Bahas Pembagian Tugas MPR

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia