logo


Awas! Duduk Terlalu Lama Bisa Mengganggu Kesehatan

berikut penjelasannya

9 Oktober 2019 13:00 WIB

dibaca 163 x

Majunya perkembangan teknologi di jaman sekarang ini membuat ruang gerak kita semakin terbatas. Banyak orang bekerja di depan laptop dan komputer yang menghabiskan waktu sampai berjam-jam untuk duduk. Ditambah saat menuju ke kantor kita menghabiskan waktu di perjalanan dengen berduduk santai baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kalau satu hari ada 9 jam kerja kita bisa menghabiskan waktu unutuk duduk 7-8 jam setiap harinya. Waktu di rumah juga banyak kita habiskan untuk duduk baik di depan televisi untuk bersantai atau main game. Bahkan waktu untuk olahraga sering di lewatkan begitu saja. Jika duduk terlalu lama, apakah dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau tidak. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan jika duduk terlalu lama:

1. Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit


Perbandingan Reaksi Tertawa Gila dari Para Aktor Joker

Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan gangguan peredaran darah di dalam tubuh. Seperti kaki akan susah mendapatkan aliran darah yang sempurna. Akibatnya pembuluh darah terganggu seperti varises terjadi dan menyebabkan kaki jadi membengkak.
Selain kaki, peredaran darah ke seluruh tubuh juga mengalami gangguan. Karena Kondisi ini kita jadi mudah sekali lelah dan kerap mengalami pusing tanpa sebab yang jelas.

2. Meningkatkan Risiko Obesitas

Duduk terlalu lama menyebabkan tubuh kita bisa mengalami kegemukan. Kondisi ini terjadi karena tubuh menjadi pasif. Dampaknya lemak di dalam tubuh lebih sering mengalami penambahan dan menyebabkan obesitas.
Penambahan lemak yang berlebihan bisa menyebabkan sensitivitas insulin semakin anjlok. Dampaknya saat tubuh mengalami kenaikan gula darah, tidak ada proses pemakaian oleh otot atau olahraga. Akhirnya kondisi diabetes bisa muncul dengan mudah.

3. Melemahnya Kemampuan Otak

Saat duduk terlalu lama akibat mengerjakan pekerjaan di depan komputer dan menggunakan otak untuk berpikir. Tapi tahukah Anda bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat melemahkan otak Anda.

Otak membutuhkan asupan darah dan oksigen dalam jumlah banyak setiap harinya. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan suplai darah ke otak mengalami gangguan.

Menurunkan risiko gangguan pada tubuh akibat duduk terlalu lama sebenarnya mudah. Sayangnya tidak semua orang mau melakukan ini dengan telaten dan konsisten.

- Minum air putih yang banyak, 4-5 gelas saat duduk dan minum juga 3 gelas saat mau tidur dan bangun tidur. Ingat ya air putih tidak di campuri apapun apalagi gula.

- Beri jeda saat duduk lama minimal 10 menit, misal saat bekerja duduk selama 3 jam makan kita bisa memberi jeda waktu 10 menit untuk melakukan aktifitas lain seperti berjalan-jalan di sekitar ruangan kerja, perenggangan otot pada kaki, tangan dan badan.

- Atur posisi tubuh agar posturnya sempurna. Selama ini kita sering melakukan kesalahan pada postur duduk. Akibatnya tubuh mengalami gangguan seperti kaku dan nyeri pada beberapa tempat seperti tengkuk, pinggang, hingga nyeri di kepala.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tau Ga sih, Ternyata Hujan Ada Banyak Jenis lho

Halaman: 
Admin : Tino Aditia