logo


5 Bahaya yang Harus Kamu Waspadai Jika Sering Bangun Siang

Simak ulasan selengkapnya

9 Oktober 2019 07:15 WIB

ilustrasi
ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Manusia dewasa wajarnya membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam dalam sehari agar waktu untuk tubuh beristirahat tercukupi.

Namun bukan berarti harus seenaknya karena waktu terbaik untuk tidur adalah sebelum pukul 12 malam dan bangun pada pagi hari.

Nah bagaimana dengan tidur 8 jam namun bangun pada siang hari?


Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Bahaya!

Menurut pakar kesehatan, bangun siang ternyata bisa memberikan kerugian bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh jadi kurang bugar dan lemas ada beberapa bahaya yang harus kamu ketahui.

Berikut 5 bahaya bangun siang yang dikutip dari laman liputan6 (09/10).

1. Kehilangan waktu produktif

Waktu terbaik untuk memulai aktivitas setelah bangun tidur adalah saat pagi hari. Karena pada waktu itu, oksigen sedang bagus-bagusnya sehingga bisa menambah semangat serta meningkatkan kesehatanmu.

Sedangkan saat bangun siang tubuh akan jadi lebih malas untuk beraktivitas.

2. Lesu

Inilah salah satu hal yang sering dikeluhkan. Lesu tak hanya disebabkan karena faktor kesehatan yang menurun namun juga karena kebiasaan bangun siang.

3. Metabolisme bermasalah

Pencernaan tubuhmu akan terganggu ketika bangun siang. Jika kamu tidur terlalu lama, tubuh tidak berfungsi sesuai ritmenya. Tubuh juga dapat merasakan lapar dalam jangka waktu yang lama hal itu pulalah yang mengganggu metabolisme di dalam tubuh.

4. Sakit kepala

Terlalu lama tidur selain membuat badan lesu, juga bisa membuat sakit kepala.

5. Menyebabkan kanker hati

Bangun di siang hari ternyata berdampak dengan tumbuhnya kanker hati. Sebab, bangun siang menyebabkan buang air besar di pagi hari menjadi tidak lancar. Padahal, jam 5-7 pagi adalah waktu tubuh untuk membersihkan segala macam kotoran.

Jarang Diketahui! Inilah 4 Dampak Buruk Jika Sembarangan Angkat Galon Air

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma