logo


Ninoy Karundeng Kenali Muka Pelaku, PA 212: Bisa Jadi Dia Membual dan Halu

PA 212 sarankan penyidik melibatkan ahli medis untuk menyembuhkan trauma Ninoy

8 Oktober 2019 19:30 WIB

Habib Rizieq bersama Damai Hari Lubis.
Habib Rizieq bersama Damai Hari Lubis. Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyebut relawan Joko Widodo, Ninoy Karundeng, mengarang cerita soal dirinya yang mengenali muka dan ciri-ciri pelaku yang menganiayanya.

"Saat itu keadaan jiwanya amat trauma dipukuli massa secara sehingga psikologis nggak mungkin. Kabarnya dibantu diselamatkan oleh pengurus masjid. Dalam hal ini, tanyakan saja ahlinya, yakni ahli jiwa. Jadi bisa jadi dia Ninoy membual dan 'halu' (halusinasi) atau mengarang," kata Kadiv Hukum PA 212, Damai Hari Lubis kepada wartawan, Selasa (8/10).

Menurutnya, penyidik harus melibatkan ahli medis untuk menyembuhkan trauma Ninoy.


Gelar Aksi Lagi, PA 212 Mengadu ke Komnas HAM Soal Korban Aksi 21-22 Mei

"Penyidiknya menurut saya libatkan dulu medis. Artinya, disembuhkan dulu luka-lukanya atau guncangan jiwa traumanya. Buktinya rekan saya di aliansi anak bangsa dipanggil jadi saksi hanya oleh karena dia dengar ada kata habib. Faktanya penyidik menyatakan bukan habib Novel rekan saya," ujar dia.

Sebelumnya, Ninoy membantah keraguan PA 212 terkait kesaksiannya atas penganiayaan yang dialaminya. Meski Ninoy tidak mengetahu nama-nama dari pelaku, tapi dia mengenali muka dan ciri-ciri para pelaku.

"Jadi ya seperti itulah yang saya alami, saya yang mengalami, ya seperti itulah yang saya alami," jelas Ninoy seperti dilansir dari detikcom.

"Saya kenali muka, tapi nama saya nggak ingat. Karena disebut 'habib', karena mereka-mereka memanggil habib dan penampilannya mencolok," lanjutnya.

Aksi Mujahid 212 Disebut Bikin Malu, Novel Bamukmin Gak Terima, "Kami Sudah Berjilid-jild..."

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata