logo


5G Masih Tahap Pengembangan, CEO Huawei Sudah Bahas 6G. Bukan Main!

berikut penjelasannya

8 Oktober 2019 16:04 WIB

cnbc.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meskipun tengah menghadapi tekanan kuat dari Presiden AS, Donald Trump, raksasa telekomunikasi China, Huawei, menyatakan tengah memulai riset untuk pengembangan teknologi 6G. Padahal, Selain belum banyak dimanfaatkan dunia saat ini, teknologi 5G tengah dilarang penggunaannya karena alasan keamanan nasional.

Teknologi 5G merupakan generasi mutakhir jaringan mobile yang menyediakan pengiriman data super cepat, dan mampu mendukung lahirnya teknologi baru seperti mobil tanpa sopir dan Augmented Reality (AR), meski saat ini belum banyak pihak yang menggunakan teknologi 5G di dunia karena memang masih dalam pengembangan.

Kendati demikian, CEO Huawei, Ren Zhengfei, sudah mulai berbicara mengenai 6G.


Nokia 2720 Reborn, Ponsel Lipat Vintage dengan Fitur Kekinian

"Secara paralel kami sedang bekerja mengembangkan 5G dan 6G, kami sudah memulai pengembangan 6G sejak lama," kata Ren dilansir dari CNBC International, Kamis (26/9/2019).

Menurut pendiri Huawei tersebut, pengembangan teknologi berbasis 6G ini masih pada tahapan awal dan belum masuk ke ranah industri. Menurutnya, perlu beberapa hal yang harus dilakukan sebelum 6G menjadi kenyataan. Perlu waktu sekitar 10 tahun lagi untuk memulai pengembangan 6G.

Sejauh ini, belum ada yang tahu persis fungsi dan kegunaan dari teknologi 6G.

Sementara itu, Saat ini Huawei tengah fokus pada pengembangan 5G di beberapa negara Eropa dan sudah mendapatkan 50 kontrak komersial untuk pengembangannya.

Dampak Teknologi 5G di Masa Depan, Kira-kira Manusia Bisa Ngapain aja?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia