logo


Dampak Teknologi 5G di Masa Depan, Kira-kira Manusia Bisa Ngapain aja?

simak penjelasannya

8 Oktober 2019 15:35 WIB

uc.ac.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Donald Trump terus mengkampanyekan tentang risiko keamanan nasional dari perangkat hasil pengembangan teknologi 5G milik Huawei Technologies. Huawei memang menjadi salah satu perusahaan teknologi yang getol mengembangkan teknologi 5G.

Kekhawatiran Trump ini bukannya tanpa alasan. Ia menganggap bahwa teknologi ini akan merubah seluruh aspek kehidupan manusia di masa depan. Bahkan ada istilah yang menyebutkan siapa yang berhasil menguasai teknologi, berarti ia akan menguasai dunia. Apalagi jika dilihat dari besaran nilainya, bisnis teknologi 5G ini diperkirakan mencapai triliunan dolar.

CEO Altran North America, Laila Worrell, mengatakan jika 5G akan memiliki dampak yang masif bagi kehidupan manusia di berbagai bidang.

"Kita akan melihat kemajuan besar dalam kualitas hidup yang dapat diberikan oleh 5G untuk individu," katanya, dilansir dari CNN Business, Selasa (8/10).


Redmi Note 8 Pro Segera Hadir di Indonesia, Begini Bocoran Spesifikasinya

5G memungkinkan seseorang untuk mengakses internet dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari jaringan 4G LTE pada saat ini. Kecepatan download dengan teknologi 5G rata-rata mencapai sekitar 1GBps.

Berbagai bidang akan sangat berkembang dengan memanfaatkan teknologi 5G ini.

Nantinya, mobil canggih yang berbasis teknologi 5G akan mampu berjalan meski tanpa sopir (mobil otonom). Semua mobil akan saling terhubung dalam sebuah sistem manajemen lalu lintas.

Perkembangan smartphone dengan teknologi 5G membuatnya mampu mengakses internet dengan kecepatan data mencapi 1 GBps. Tidak hanya untuk sekedar mendownload atau meng-upload file, dengan kecepatan koneksi data yang super cepat, memungkinkan manusia untuk dapat mengontrol semua pekerjaan melalui ponsel.

Selain dua hal tadi, teknologi Augmented reality (AR) yang dikolaborasikan dengan teknologi 5G tidak hanya digunakan untuk bermain game saja. Namun, manusia bisa memanfaatkan AR untuk membuat sesuatu tanpa sentuhan fisik. Salah satu pengaplikasian teknologi AR nantinya adalah pada sektor medis. Dengan teknologi ini, dokter dan ahli bedah dapat melakukan operasi dari jarak jauh dengan bantuan robot.

Nokia 2720 Reborn, Ponsel Lipat Vintage dengan Fitur Kekinian

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia