logo


Selat Lembeh, Pesona Wisata Bahari di Pesisir Sulawesi

Festival Pesona Selat Lembeh 2019 Promosikan Bitung Sebagai Destinasi Wisata Bahari

8 Oktober 2019 15:11 WIB

Gelaran Festival Pesona Selat Lembeh 2019
Gelaran Festival Pesona Selat Lembeh 2019 Dok. Kemenpar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panorama pesisir Selat Lembeh, Kota Bitung Sulawesi Utara memang mempesona. Gelaran Festival Pesona Selat Lembeh 2019 adalah upaya yang dilakukan mempromosikan Bitung sebagai destinasi wisata bahari.

Dalam keterangan tertulisnya Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan pesona alam Selat Lembeh harus dimanfaatkan dengan baik untuk menarik wisatawan mancangera (wisman) datang menikmati keindahan bawah lautnya.

“Atraksi Bitung luar biasa. Kita langsung saja memposisikan Bitung sebagai destinasi wisata bahari di Indonesia. Karena mereka memang memiliki kekayaan bahari yang luar biasa,” ujar Menpar (7/10).


Keindahan Danau Toba Dipromosikan dalam Festival Musik Internasional

Menpar juga memuji pertumbuhan wisman ke Bitung mengalami peningkatan. Tercatat pada 2016 ke 2018 sebesar 29,5 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 14,7 persen.

Sementara itu pertumbuhan wisatawan nusantara (wisnus) 2016 ke 2018 sebesar 700 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 350 persen.

“Tak heran, karena keistimewaan tersebut, Selat Lembeh sering kali dijuluki sebagai The Mecca of Divers atau The Mecca of Macro Photography,” imbuhnya.

Gelaran ini langsung mencuri perhatian padahal event ini adalah pendatang baru di Calendar of Event.

Menpar menekankan dalam penyelenggaraan event harus memegang tiga prinsip yaitu 3c (Creative Value, Commercial value, dan CEO Commitment).

Di kesempatan yang sama Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menegaskan jika kota yang dipimpinnya adalah surga bagi wisatawan.

“Selamat datang di Bitung. Anda berada di surga wisatawan," ujar Max J Lomban.

Banyak hal yang unik di Kota Bitung salah satunya hutan lindung dan cagar alam. Ada monyet hitam Sulawesi, pada musim tertentu ada burung migrasi dari Australia.

Dalam acara karnaval terdapat ratusan kapal, tarian khas Suku Minahasa, Tari Kabasaran.

Pada puncak acara Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yaitu sailing pass yang diikuti karnaval sebanyak 200 perahu nelayan di Selat Lembeh.

Kejayaan Kerajaan Masa Lampau Jadi Inspirasi Festival Sriwijaya 2019

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman