logo


Program Magang PNS Kementerian ESDM Resmi Ditutup, Arcandra: "Jangan Ada Lagi Istilah Mempersulit Izin-izin"

simak penjelasannya

8 Oktober 2019 12:47 WIB

ditjen migas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Program Magang PNS Kementerian ESDM Tingkat Manajerial yang dilaksanakan di berbagai Badan Usaha sektor ESDM secara resmi ditutup oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra, Senin (7/10).

Program yang digagas oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan ini bertujuan agar pejabat Pemerintah mempunyai kapabilitas dalam mengatur dan membuat regulasi, serta memahami dengan baik bisnis proses korporasi di lapangan, sehingga lebih efektif dalam pengambilan keputusan tidak memakan waktu yang panjang.

"Sebagai pelayan publik yang mempunyai core value memberikan pelayanan terbaik (excellent services), sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder. Segala yang berurusan dengan administrasi di Kementerian harus dibantu. Caranya bagaimana? Bapak harus tau dahulu berapa berat pekerjaan mereka disana, jadi datang kesana melihat sendiri itu bisa merasakan, ini yang dinamakan empati. Jadi jangan ada lagi istilah mempersulit izin-izin," ujar Arcandra.


Beredar Isu Gerindra Minta 3 Pos Menteri, Sekjen Partai NasDem: "Jangan dibuat Dramatisasi"

Beliau juga menambahkan, dengan magangnya para pejabat Kementerian ESDM di badan usaha ini empati para pejabat ESDM diharapkan semakin meningkat ketika terjun langsung operasi di sektor ESDM.

"Bisa merasakan bahwa bagi mereka kalau tidak aja izin yang mereka butuhkan dari kita mereka tidak bisa mengerjakan apapun," lanjut Arcandra.

Selama dua minggu, 80 peserta program yang terdiri dari pejabat Eselon III dan IV Kementerian ESDM Tingkat Manjerial tersebut diberikan kegiatan class training, e-learning, dan on the job training.

"Program magang ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Peserta magang dapat memahami proses bisnis di tempat mereka magang dan badan usaha akan mendapatkan manfaat dari apa bagaimana cara berpikir orang Kementerian ESDM. Program ini merupakan terobosan untuk melakukan pembinaan terhadap pejabat eselon III dan IV. Khusus untuk pejabat eselon II dan I kita juga ada programnya, begitu juga yang pegawai baru kita bikin juga dan semuanya sudah jalan," jelas Arcandra.

Rencananya, tahun depan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memperpanjang waktu program magang tersebut agar peserta magang dapat lebih memahami proses bisnis di tempat mereka magang.

"Walaupun posisi bekerja mereka di struktural namun juga harus mengerti tentang hal-hal yang teknis," pungkasnya.

Gerindra Minta Jatah Menteri, Sufmi Dasco: "Kita Tawarkan Konsepnya ke Pemerintah"

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia