logo


Tangkal Konten Negatif, Rudiantara Dukung Siberkreasi Menyebarkan Literasi Digital

Siberkreasi muncul sebagai gerakan nasional berupaya untuk menanggulangi konten-konten negatif

7 Oktober 2019 20:30 WIB

Siberkreasi Netizen Fair 2019, Sabtu (5/10)
Siberkreasi Netizen Fair 2019, Sabtu (5/10) Dok.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah dan banyak pihak prihatin atas maraknya konten negatif yang menghiasi dunia maya saat ini. Untuk itulah diperlukan suatu tindakan segera yang menggalang semua pemangku kepentingan dalam menangkal semua konten negatif tersebut.

Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi merupakan gerakan sinergis yang mendorong pengguna internet (netizen) di Indonesia dalam menggunakan internet secara lebih bijak dan bertanggung jawab. Gerakan ini merupakan inisiatif multistakeholders yang terdiri dari kementerian, akademisi, komunitas, media dan juga private sector. Selain itu, Siberkreasi ini memberikan pemahaman baru tentang literasi digital yang dirasa masih kurang dimengerti masyarakat.

"Literasi digital sangat penting, karena tingkat pengetahuan masyarakat masih belum baik. Pasalnya, era digital ini sangat cepat dan sulit dibendung informasinya," ungkap Menkominfo Rudiantara saat pembukaan Siberkreasi Netizen Fair 2019, Sabtu kemarin (5/10).


Kominfo Minta Klarifikasi Otoritas PDP Malaysia Terkait Kebocoran Data Penumpang Malindo Air

Rudiantara mengatakan hidup di era digital memudahkan kita untuk mendapatkan, berbagi, hingga mengolah berbagai informasi. Meskipun memudahkan kita dalam berinteraksi satu sama lain akibat mudahnya arus informasi di era digital, membuat banyak pihak harus menghadapi berbagai tantangan yang muncul di era ini.

Rudiantara mengatakan, rentannya penyebaran konten negatif melalui internet berupa hoax, cyberbullying, dan online radicalism. Untuk itulah Siberkreasi muncul sebagai gerakan nasional berupaya untuk menanggulangi hal-hal tersebut dengan melakukan literasi digital.

“Melalui Siberkreasi, kita mendorong netizen Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia maya. Sehingga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital," tuturnya.

Rudiantara pun mendukung langkah Siberkreasi menyebarkan literasi digital sekaligus menjadi suatu kegiatan positif yang membuat masyarakat menjadi lebih tahu dan mengerti dalam menggunakan internet secara bertanggung jawab.

Begini Cara Kominfo Dorong Jajarannya Beradaptasi di Era Digital

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata