logo


Beberapa Jenis Iguana Eksotis yang Cocok Buat Dipelihara

berikut penjelasannya

7 Oktober 2019 16:41 WIB

wesh orlando
dibaca 161 x

Pada kanal channel Youtube milik Irfan Hakim, yaitu deHakims. Salah satu iguana miliknya bertelur 54 butir, namun semua telur yang ditetaskan gagal semua.

Yuk lihat apa saja jenis iguana yang ada, akhir-akhir ini banyak channel Youtube yang membahas tentang hewan Reptil seperti Panji Petualang, Lucky Hakim, dan Irfan Hakim. Banyak yang menganggap reptil adalah hewan yang termasuk liar dan menakutkan, namun ada juga jenis reptil yang memiliki keunikan tersendiri banyak yang mengatakan hewan 'Eksotis'. Salah satunya adalah iguana.

Iguana adalah salah satu jenis reptil bermarga kadal yang biasa hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Meskipun memiliki tampak yang menyeramkan, Iguana bisa jinak dan aman untuk dipelihara karena lebih banyak memakan tumbuhan walaupun terkadang memakan serangga kecil.


PENTING! Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Grup KPop Super M

Iguana sendiri memiliki spesies yang sangat banyak, ada sekitar 48 jenis spesies iguana yang ada di dunia dengan wilayah penyebarannya sampai benua Asia. Berikut adalah jenis jenis iguana yang banyak ditemui :

1. Iguana Hijau

Foto : Pixabay
Jenis ini sangat banyak dan populer dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Tubuhnya didominasi oleh warna hijau, Iguana ini terdapat di Meksiko, Amerika dan Brasil Selatan.

2. Iguana Merah

Foto : keyword-suggestions.com
Sesuai dengan namanya, jenis iguana yang satu ini berwarna merah gelap hingga jingga. Red Iguana banyak dipelihara di Indonesia. Bentuk tubuhnya mirip dengan Iguana Hijau, hanya saja warnanya didominasi oleh warna merah.

3. Iguana Biru

Foto : zonaair.blogspot.com
Iguana biru mempunyai nama latin Cyclura Lewisi dan sering juga disebut dengan Grand Cayman Iguana. Disebut Grand Cayman Iguana karena jenis iguana yang satu ini memang menjadi spesies kadal endemik di pulau Grand Cayman.

4. Iguana Blue Diamond

Foto : pinterest.com
Blue Diamond Iguana sebenarnya masih satu spesies dengan Iguana Hijau, dengan warna dasar hijau mudanya walaupun ada beberapa yang memang berwarna kebiru-biruan. Iguana ini tergolong jenis Iguana yang paling dicari. Hal ini didasari oleh warna biru di kepala yang membuat para penggemarnya jatuh hati.

5. Iguana Laemanctus

Foto : terrarium.pl
Iguana Laemanctus merupakan salah satu Iguana endemik di Amerika Tengah. Pada umumnya Iguana Laemanctus berwarna hijau dengan warna coklat di bagian atas kepalanya. Lemanctus bisa juga dipanggil "iguana pemakai helm" hihi mengapa? karena dia mempunyai benjolan di bagian kepala belakang yang menyerupai helm.

6. Iguana Chalarodon

Foto : dreamaquatic.com
Corak warna yang berbeda dengan Iguana pada umumnya, Iguana Madagaskar ini berwarna merah, bintik putih dan garis hitam di bagian punggungnya. Tubuhnya unik menyerupai kadal, iguana ini berasal dari Madagaskar sehingga kadang dipanggil dengan iguana madagaskar.

7. Iguana Gurun (Dipsosaurus)

Foto : pixabay
Merupakan jenis Iguana endemik di wilayah Sonora dan pantai Mojave di barat daya Amerika Serikat hingga barat laut Meksiko. Habitat dari Iguana Gurun berada di semak Creosote, terutama gurun pasir kering dengan ketinggian di bawah 1000 mdpl. Dijumpai pula di kawasan sub-tropis, dan hutan gugur tropis.

8. Iguana Badak/Iguana Batu

Foto : wikipedia.org
Iguana badak memiliki ukuran tubuh yang besar (jumbo) dan wajahnya juga terlihat sedikit menyeramkan atau ganas. Sekalipun wajah dari hewan ini tampak sangar, tetapi sebenarnya Iguana Badak ini hanya memakan tumbuhan (herbivora) dan tidak memakan daging sama sekali.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Satwa Unik dan Langka Asli Indonesia Ini Sekarang Jumlahnya Bisa Dihitung dengan Jari

Halaman: 
Admin : Tino Aditia