logo


Di Masa Depan, Tak Hanya Macet dan Banjir yang Dihadapi Kota Besar di Indonesia

Kementerian PUPR telah membangun tanggul pantai dan tanggul sungai

4 Oktober 2019 15:39 WIB

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono Kementerian PUPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan tantangan yang dihadapi kota-kota di Indonesia di masa depan tidak hanya kemacetan dan banjir, namun juga perubahan iklim.

Sehingga program Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) juga bertujuan sebagai perbaikan lingkungan bagi Kota Jakarta.

“Menurut saya NCICD bukan hanya pengendalian banjir tetapi lebih kepada environmental remediation atau perbaikan lingkungan yang memang sudah melebihi daya dukungnya bagi Jakarta untuk dapat dikembangkan ke depan,” kata Basuki di dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Jumat (4/10).


Warga Inginkan Ada Penghijauan di Tanggul Pantai Kalibaru

Dia mengungkapkan tahun 2014 ke tahun 2018, Kementerian PUPR telah membangun tanggul pantai dan tanggul sungai sebagai fase awal. Tahun 2014, pembangunan tanggul Tahap I dilakukan di Pluit sepanjang 75 meter.

Dilanjutkan tahun 2016-2018 pembangunan tahap II sepanjang 4,5 km terdiri dari dua paket. Paket 1 berlokasi di Kelurahan Muara Baru, Kecamatan Penjaringan sepanjang 2,3 km dan Paket 2 di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing dengan panjang tanggul 2,2 km.

Pembangunan tanggul pantai disambut baik oleh warga setempat. Masyarakat bersyukur pembangunan tanggul pengaman pantai telah memberikan manfaat. Keberadaan tanggul menjadikan banjir akibat pasang air laut atau banjir rob yang seringkali dialami warga sudah jauh berkurang.

“Saya bersyukur karena sudah ditanggul, jadi tidak perlu kawatir. Sebelum ditanggul selalu khawatir kalau air pasang, selalu banjir rob,” kata salah satu warga Muara Baru Emi (45), Rabu (3/10).

Warga Muara Baru yang turut merasakan dampak pembangunan tanggul pantai tersebut salah satunya Iwan.

Menurutnya sudah beberapa tahun terakhir wilayah tempat tinggalnya tidak lagi terkena musibah banjir. "Sudah empat tahun terakhir ini kayaknya enggak pernah banjir,” kata Iwan.

Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani Disiapkan Menjadi Wisata Religi Modern

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata