logo


Jokowi Didesak Terbitkan Perppu KPK, PKS: Saya Sarankan Presiden Keluar dari Dilema

Jokowi harus memiliki pandangan sendiri terkait arah pemberantasan korupsi

4 Oktober 2019 15:21 WIB

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil.
Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota DPR Fraksi PKS, Nasir Djamil, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus mengambil sikap terkait nasib UU KPK yang baru.

Menurutnya, Jokowi harus memiliki pandangan sendiri terkait arah pemberantasan korupsi.

"Saya sarankan Presiden keluar dari dilema itu. Presiden nggak boleh dilema. Harus miliki satu pandangan terkait arah pemberantasan korupsi di Indonesia ke depan," ujar Nasir dalam diskusi "Sikap pemerintah terhadap UU KPK" di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Jumat (3/10).


Ketua BEM Trisakti Minta Jokowi Segera Terbitkan Perppu atau Mahasiswa Akan Kembali Turun ke Jalan

Nasir menyebut DPR akan mengkaji jika Jokowi memilih menerbitkan Perppu KPK. Menurutnya, tidak etis apabila revisi UU KPK yang telah disetujui kemudian dibatalkan oleh perppu.

"Tentu DPR akan melihat isi perppu itu ya, mudah-mudahan tidak jauh berbeda dengan apa yang telah disepakati oleh presiden dan DPR," katanya.

"Tapi saya punya keyakinan presiden tetap konsisten lah bahwa ini adalah pembahasannya bersama dan itu tidak elok kalau kemudian presiden setelah dibahas kemudian mengeluarkan perppu," lanjut Nasir.

Diketahui, Jokowi mendapat desakan dari berbagai pihak untuk mengeluarkan Perppu KPK. Sejumlah pihak menilai UU KPK yang baru bisa melemahkan kinerja KPK.

Banyak Pihak Desak Jokowi Terbitkan Perppu, Mahfud MD: Tolong Hormati Presiden!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata