logo


Terungkap!! Ternyata Ini Alasan Setir Mobil Indonesia di Sebelah Kanan

Simak berita selengkapnya

5 Oktober 2019 18:00 WIB

Setir mobil sebelah kanan
Setir mobil sebelah kanan momobil.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penggunaan setir mobil di Indonesia yang terletak di sebelah kanan ternyata menimbulkan pertanyaan beberapa pihak. Pasalnya, di luar negeri, salah satunya di Amerika setir mobil justru berada di sebelah kiri.

Sebenarnya, setir kanan ini dipengaruhi negara di kawasan Eropa. Di mana Inggris merupakan negara pertama yang menggunakan setir kanan pada mobil.

Baca Juga: Sering Nyetir Mobil Tiap Hari? Awas, Berisiko Terkena Sakit.....


Mobil-mobil Eksotis ini Disuntik Mati

Insomnia? Yuk Konsumsi Buah-buahan Ini Dijamin Tidurmu Bakal Nyenyak

Di mana pada masa kuno, Inggris masih berada di bawah kekuasaan Romawi, warganya masih terbiasa menggunakan tangan kanan untuk membawa senjata saat berkuda.

Tak hanya itu, tentara Romawi juga sering berbaris di sebelah kiri jalan. Sehingga kendaraan yang melintas harus melalui sisi sebaliknya.

Dari hal tersebut disimpulkan bahwa kanan merupakan posisi yang paling pas untuk setir kendaraan. Sehingga pemerintahan pada masa itu membuat aturan mengenai posisi setir mobil yang harus di kanan.

Ingin Perut Rata, Hindari Makanan dan Minuman Ini !!

Usai Inggris mencetuskan setir kanan, pada abad ke-19, Inggris juga mengerjakan proyek kereta api yang akan diekspor ke Jepang. Di mana pada masa itu kereta api dirancang melaju di jalur sebelah kiri, dengan setir di sebelah kanan.

"Akibatnya, muncul aturan serupa untuk kendaraan lain, salah satunya mobil. Hal itu pun mempengaruhi produksi di Jepang, serta regulasi di banyak negara lain yang sedang dijajahnya (salah satunya Indonesia)," ungkap penulis otomotif senior asal Inggris, Giles Chapman yang dilansir dari 100KPJ.com (23/9).

Sering Nyetir Mobil Tiap Hari? Awas, Berisiko Terkena Sakit.....

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata