logo


Wow...Kediri Punya Pondok Pesantren Sekeren Ini!

simak penjelasannya

4 Oktober 2019 11:26 WIB

Wali Barokah Kediri. (liputan6.com)
Wali Barokah Kediri. (liputan6.com)
dibaca 3704 x

Pondok pesantren di Indonesia sudah tidak asing lagi terutama di daerah kediri, bahkan ada pondok pesantren di Kediri yang sampai terkenal di luar negeri loh!

Inilah Pondok Pesantren Wali Barokah yang terletak di Banjaran, Kota Kediri didirikan oleh KH. Nurhasan Al Ubaidah yang mengajarkan agama Islam secara murni yang berpedoman pada kitab suci Al-Qur'an dan Al-Hadits.

Pondok pesantren ini sudah terkenal di Indonesia bahkan sampai ke luar Negeri karena memiliki bangunan yang modern dan keren.


4 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Inilah beberapa bangunan yang membuat pondok ini terkenal:

Menara

Sering kan liat kalau di beberapa masjid memiliki sebuah menara tapi tau gak sih kalian kalau menara Islam tertinggi di Indonesia itu ada di pondok wali barokah loh! Tingginya mencapai 99 (sembilanpuluh sembilan) meter dan memiliki kubah atau mahkota berlapis emas di atas menaranya dengan berat 60 kg. Wah besar banget ya! Menara ini dijuluki sebagai menara Asmaulhusnah.

Di atas menara ini kamu bisa melihat pelosok kota kediri secara menyeluruh dan menara Asmaulhusnah ini menjadi ikon (landmark) kota kediri yang sangat menonjol dan sangat indah.

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Dan tidak hanya itu kini pondok pesantren wali barokah kediri memanfaatkan kondisi geografis di indonesia yang berada di garis khatulistiwa yang membuat negara ini beriklim tropis sepanjang tahun.

Hal itu di manfaatkan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk membangun PLTS di Pondok Wali Barokah Jawa Timur. Bahkan pihaknya sampai meminta bantuan satelit NASA untuk menentukan dimana intensitas sinar matahari terbesar.

Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo mengatakan, Selama ini pondok pesantren masih tergantung kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam membantu penerangan di lingkungan pondok. Akibatnya, beban biaya yang ditanggung pondok ini terus meningkat seiring dengan besarnya pemakaian listrik, seperti dikutip dari radarjember.id.

PLTS ini mampu menghasilkan maksimal 1 juta watt. Hanya saja, kapasitas sebesar itu belum dioptimalkan sepenuhnya. Karena, kebutuhan listrik di pondok wali barokah ini dengan penghuni sebanyak 5000 santri sudah terpenuhi, bahkan masih banyak kelebihan. Dan ini menjadi salah satu pondok pesantren dengan menggunakan PLTS terbesar di Indonesia, Loh!

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Call of Duty Mobile vs PUBG ! Pilih yang Mana Nih Guys

Halaman: 
Admin : Tino Aditia