logo


Begini Cara Kemenkop dan UKM Dorong Pengembangan Batik

Kuncinya adalah Inovasi dan Pengembangan

3 Oktober 2019 19:01 WIB

Staf Ahli Menteri bidang Produktivitas dan Daya Saing Herustiati
Staf Ahli Menteri bidang Produktivitas dan Daya Saing Herustiati dok. Kemenkop UKM

JAKARTA, JITUNEWS.COM — Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) terus mengusahakan kemajuan pelaku koperasi dan UMKM khususnya dari kalangan pengrajin batik. Kemenkop terus mendorong agar mereka terus berinovasi, serta memperluasan jaringan usaha melalui kegiatan promosi.

Sebab dengan inovasi dapat menghasilkan produk yang kompetitif, baik dari segi harga dan kualitas.

Staf Ahli Kemenkop Bidang Produktivitas dan Daya Saing Herustiati mengatakan pelaku KUKM harus terus melakukan perubahan dan perbaikan.


Klik! 5 Cara Merawat Baju Batik Agar Tidak Cepat Pudar Motifnya

“Saya berharap, para pelaku KUKM, khususnya perajin batik, dapat terus melakukan perubahan dan perbaikan, baik di bidang produksi, inovasi, manajemen, standardisasi, sertifikasi untuk menghasilkan produk yang kompetitif, baik dari segi harga dan kualitas sehingga dapat bersaing di pasar global,” ujarnya saat membuka acara Gebyar Batik Muda Nusantara (GBMN) 2019 (2/10).

Herustiati menambahkan batik sangat berperan strategis dalam memajukan UKM Indonesia.

“Untuk itu, pemerintah, khususnya Kementerian Koperasi dan UKM terus berusaha untuk mendorong, memotivasi, menciptakan kemudahan kepada KUKM untuk terus melakukan inovasi, serta memperluas jaringan usaha,” katanya.

Sektor ekonomi kreatif sangat baik kinerjanya. Hal ini bisa kita lihat dari kontribusi sektor tersebut terhadap PDB tahun 2018 tumbuh sebesar 5,60% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp1.105 triliun dan menyerap 18,1 juta tenaga kerja dibandingkan 2017.

Bingung Mau ke Kondangan Pakai Apa? Ini Ide Outfit Hijab Simple

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman