logo


Tips Mengisi Ulang Baterai Smartphone yang Kamu Wajib Pahami Agar Ponsel Awet

berikut penjelasannya

3 Oktober 2019 15:47 WIB

altirai.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Karena disibukkan dengan pekerjaan dan aktivitas, terkadang orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Tidak hanya proses pengisian yang memakan waktu lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar baterai ponsel menjadi awet dan tidak cepat rusak. Beberapa tips berikut ini patut anda terapkan.

1. Jangan Sering Charge Smartphone dalam Kondisi 0%


Tips Survive di Hari Senin...

Sebaiknya charge smartphone saat masih tersisa 30%-50%. Dengan demikian, proses charging menjadi lebih cepat. Selain itu, sering menghabiskan baterai sampai 0% dapat menyebabkan sel baterai menjadi rusak. Sel Baterai yang rusak dapat ditandai dengan turunnya daya baterai secara drastis dalam waktu singkat.

2. Gunakan Charger Ori

Setiap produsen smartphone, tentunya sudah membekali charger dalam setiap paket pembelian smartphone. Charger bawaan pabrik tersebut besaran tegangan dan arusnya sudah disetting pas dengan smartphone-nya. Selain relatif lebih cepat, mengisi daya baterai menggunakan charger orisinil juga membuat baterai menjadi lebih awet.

3. Aktifkan Airplane Mode

Aktifkan mode pesawat terbang pada smartphone Android Anda pada saat mengisi ulang baterai. Dengan demikian, maka semua koneksi akan terputus. Hal Ini dapat mempercepat pengisian ulang baterai karena konsumsi baterai tidak begitu besar saat penerima sinyalnya dalam keadaan non aktif.

4. Nonaktifkan Smartphone Saat Proses Charging

Mematikan ponsel saat proses charging adalah langkah terbaik. Hal ini dapat mempercepat proses serta memperpanjang usia baterai smartphone. Ponsel dapat benar-benar "istirahat" dan ketika baterai telah terisi penuh, ponsel terasa lebih ringan dan "segar" saat digunakan.

Baterai Smartphone Sering Habis? Coba Cara Ini....

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia