logo


Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani Disiapkan Menjadi Wisata Religi Modern

Kementerian PUPR melakukan penataan kawasan cagar budaya Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani

3 Oktober 2019 15:39 WIB

Peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya, Danis H. sumadilaga yang diwakili direktur bina penataan bagunan, Diana Kusumastui di kawasan Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani, Kamis (3/10).
Peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya, Danis H. sumadilaga yang diwakili direktur bina penataan bagunan, Diana Kusumastui di kawasan Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani, Kamis (3/10). Dok.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan kawasan cagar budaya Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani. Masjid ini terletak di sebuah kampung bernama Pesisir, desa Pedaleman, Kecamatan Tanara, Serang, Banten.

Penataan kawasan cagar budaya Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya, Danis H. Sumadilaga yang diwakili Direktur Bina Penataan Bangunan, Diana Kusumastuti.

Diana mengatakan kawasan Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani nantinya akan ditata menjadi kawasan wisata religi modern.


Warga Inginkan Ada Penghijauan di Tanggul Pantai Kalibaru

Menurutnya, wisata religi merupakan salah satu aktifitas yang saat ini mulai menunjukkan eksistensinya. Dimana hal ini dibuktikan dengan semakin berkembangnya kegiatan masyarakat di ke tempat-tempat religious dan spiritual seperti ke masjid-masid bersejarah, makam dan petilasan para ulama, Waliullah dan Kyai-kyai.

“Wisata religi sebagai bagian aktivitas dakwah harus mampu menawarkan wisata baik pada objek dan daya tarik wisata bernuansa agama maupun umum, mampu menggugah kesadaran masyarakat akan ke Maha Kuasaan Allah SWT dan kesadaran agama,” ujar Diana di kawasan Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani, Kamis (3/10).

Diana menjelaskan penataan kawasan seluas 1,5 hektare ini meliputi kegiatan Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Pembangunan Panggung Terbuka, Peningkatan Jalan dan Drainase, Rehabilitasi Pagar Kawasan, Pembangunan Tugu/Monumen, Pembangunan Kios Pedagang dan Pembangunan Toilet Umum.

Menurutnya penataan kawasan Syeikh Nawawi Al Bantani ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019.

"Ini sudah dilaksanakan pada 16 September, kita harapkan selesai di tanggal 29 Desember,” tuturnya.

Dia berharap kawasan ini nantinya menjadi menjadi tonggak awal dalam pengembangan potensi wisata religi di kawasan Tanara yang membawa manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar baik dari aspek spiritual, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.

“Masyarakat diharapkan mampu menjaga, memelihara dan memanfaatkan hasil dari pembangunan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, peningkatan spiritual-religius, perubahan sosial yang lebih memperhatikan lingkungan sekitar seperti kelestarian, kebersihan, kerapihan dan lain-lain,” pungkasnya.

Dalam acara Groundberaking ini Direktur Bina Penataan Bangunan, Diana Kusumastuti didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten, Rozali Indra Saputra dan Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah.(***)

Dikenal Ramah Disabilitas, Yuk Intip Sejarah Dibalik Masjid El Syifa Ciganjur

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata