logo


STM Sempat Jadi Pembicaraan Saat Demonstrasi, Berikut Fakta Sejarah STM

Tagar #STMmelawan sempat menjadi trending topic dijagat Twitter

3 Oktober 2019 20:00 WIB

Sumber : Insertlive
Sumber : Insertlive
dibaca 160 x

Saat aksi demosntrasi tanggal 24 September lalu, anak STM jadi pusat perhatian. Tagar #STMmelawan sempat menjadi trending topic di jagat Twitter. Di balik Siswanya yang militan, ternyata Sekolah Menegah Atas ini ternyata punya sejarah panjang di republik ini.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dulu dikenal dengan STM memiliki sejarah panjang sejak zaman penjajahan Belanda. Dikutip dari buku SMK Dari Masa ke Masa berikut sejarah singkat berdirinya SMK :

1. Tahun 1536, sekolah pertama di Indonesia didirikan oleh penguasa Portugis di Maluku, Altonio Galvano, berupa sekolah seminari untuk anak-anak dari pemuka pribumi.


Hebat! Seminar Global Vibe Inspiration Buat Ribuan Mahasiswa Jadi Suka Bahasa Inggris

2. Tahun 1607, sekolah berorientasi "kejuruan" pertama adalah Akademi Pelayaran (Academie der Marine) yang didirikan VOC pada tahun 1745, tetapi ditutup kembali pada tahun 1755.

3. Tahun 1853, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Ambacht School van Soerabaia (Sekolah Pertukangan di Surabaya. Ini adalah sekolah kejuruan pertama di Indonesia.

4. Tahun 1901, dipicu tulisan Van Deventer tahun 1899, Ratu Belanda mencanangkan Politik Etika (Etische Politick) yang menandai era pendidikan kejuruan di Hindia Belanda.

5. 1903, ada empat jenis sekolah kejuruan yang didirikan : Sekolah Keputrian, Sekolah Teknik, Sekolah Perdagangan dan Sekolah Pertanian. Salah satunya Middlebaar Technische School yang menjadi cikal bakal Sekolah Teknik Menengah (STM).

6. Tahun1977, Mendikbud mengeluarkan Kuputusan Tentang Perubahan Nomenklatur SMKTA menjadi SMK.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Sangat Populer di Kalangan Kampus dan Mahasiswa, Global Vibe Inspiration Persiapkan Calon Sarjana Berkualitas Internasional

Halaman: 
Admin : Aurora Denata