logo


Baterai Smartphone Sering Habis? Coba Cara Ini....

simak penjelasannya

3 Oktober 2019 15:19 WIB

altirai.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memiliki baterai berdaya besar pada smartphone belum tentu menjamin masa hidup perangkat tersebut lebih lama. Pengguna harus cermat dalam memilah sejumlah fitur atau aplikasi yang bisa menguras daya baterai.

Walaupun smartphone Anda dibekali daya baterai 5.000mAh, sangat mungkin hanya bertahan kurang dari satu hari walaupun dengan pemakaian normal. Pengguna harus cerdas mengolah smartphone, apalagi jika kapasitas baterai ponsel Anda kecil.

Berikut empat cara memaksimalkan penggunaan baterai smartphone supaya lebih awet.


Resmi Dirilis, Ini Fitur Baru yang Dibawa iOS 13.1

Matikan GPS

Smartphone, baik android dan iOS, telah dibekali perangkat GPS yang banyak memakan kapasitas baterai. Ponsel akan terus memberikan info terbaru mengenai lokasi Anda.

Jadi ada baiknya untuk mematikan GPS saat tidak diperlukan. Nyalakan GPS hanya saat dibutuhkan, misalnya saat memesan ojek online atau saat tersesat.

Log out Akun Sosmed

Walaupun pengguna sudah menge-close aplikasi sosial media, namun jika akun pengguna belum di log out, aplikasi tersebut terus memberikan notifikasi terbaru, hal ini dapat mempengaruhi kinerja baterai.
Jika pengguna khawatir lupa kata sandi saat log-in kembali, jangan takut. Semua aplikasi jejaring sosial telah menyimpan password anda dan akan menawarkan tombol tap untuk Log-in tanpa harus mengetik password

Gunakan Mode Hemat Baterai

Hampir semua tipe smartphone Android saat ini dibekali fitur hemat baterai. Perangkat smartphone akan memberi notifikasi ketika low-bat dan menawarkan fitur “Nyalakan hemat baterai” sebagai solusinya. Saat sedang tidak di rumah, ada baiknya anda menyalakan fitur tersebut untuk memaksimalkan baterai smartphone.

Meski baterai ponsel hanya tersisa 15%, dengan mengaktiffkan fitur Hemat Baterai akan menambah durasi hingga beberapa jam lebih lama.

Anda sebenarnya bisa mengaktifkan fitur hemat baterai ini saat baterai masih 100%, tapi dampaknya ada beberapa aplikasi dan fitur ponsel yang akan dibatasi pengoperasiannya.

Sesuaikan Tingkat Kecerahan Layar

Mengatur tingkat kecerahan layar pada tingkat kecerahan maksimal tentu akan lebih cepat menguras daya baterai smartphone. Sebaiknya, sesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan disekitar anda.

Jika suasana lingkungan Anda berada cukup gelap, maka atur kecerahan layar rendah. Sebaliknya, jika sering berada diluar ruangan, ada baiknya mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis. Dengan begitu anda tidak perlu terus menerus merubah tingkat kecerahan layar.

Ponsel Android dan iOS Versi ini Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp Mulai Februari 2020

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia