logo


Dikenal Ramah Disabilitas, Yuk Intip Sejarah Dibalik Masjid El Syifa Ciganjur

Pionir dari 'Gerakan Masjid Ramah Difabel'.

3 Oktober 2019 14:17 WIB

sumber : wikipedia
sumber : wikipedia
dibaca 143 x

Banyak fasilitas umum yang tidak ramah dengan kaum difabel. Tapi dengan Masjid El Syifa.

Masjid yang berada di billangan Ciganjur, Jakarta Selatan ini yang pada 21 Desember 2018 diresmikan. Masjid ini menjadi pionir 'Gerakan Masjid Ramah Difabel'. Dibalik keunikannya, masjid ini ternyata memiliki sejarah cukup panjang.

Masjid El Syifa yang masih satu wilayah dengan kediaman Presiden Ke 4, Abdurahman Wahid atau yang akrab disapa Gusdur ini berawal dari gagasan dua tokoh ternama di Kampung setu yang sekarang dikenal dengan Setu Ciganjur.


Gila! Perbandingan Jumlah Alliansi Luffy VS Yonkou Kaido - BigMom

Mereka adalah dua sahabat yakni Kong Liun dan Datuk Kosim, Kong Liun cukup terkenal sebagai ahli beladiri atau pendekar Betawi di Kampung Setu, sedangkan Datuk Kasim sendiri tokoh agama Islam saat itu.

Dilansir dari laman berbagi youtube Masjid El Syifa, pada awal didirikan masjid ini belum memiliki nama, kemudian salah seorang bernama Pak Umar menjadi imam salat dan masyarakat pun menamainya Masjid Pak Umar.

Pada rentang waktu tahun 1930-1940, mulai kedatangan santri dari Jawa Barat salah satunya Ustad Suhaimi. Beliau memberikan pendidikan agama di Masjid Pak Umar. Setelah beberapa kali berganti nama, tahun 1992 terjadi renovasi besar-besaran dan berganti nama menjadi Masjid El Syifa seperti yang dikenal saat ini.

Masjid yang memiliki 7 Musala bimbingan ini terus melakukan revitalisasi dan sekarang sebagai pionir dari 'Gerakan Masjid Ramah Difabel'.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Spoiler One Piece 958: Hubungan Oden dan Roger Ternyata...

Halaman: 
Admin : Nurman Abdul Rohman