logo


Senjata TNI Buatan Pindad yang Over Power, Tank Baja Saja Jebol...

simak penjelasannya

3 Oktober 2019 13:41 WIB

garda nasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selain memiliki banyak pasukan elit yang membuat negara-negara Barat tercengang, ternyata pasukan TNI juga dibekali senjata yang ga kalah mengerikannya lho. Bahkan beberapa sudah banyak diekspor ke negara di Asia dan Eropa. Berikut beberapa senjata TNI buatan PT. Pindad yang bikin negara lain kagum.

1. SS2 - V2 (Senapan Serbu 2 - V2)

Senapan serbu SS-2 adalah hasil pengembangan dari seri sebelumnya yaitu SS-1.


Denjaka, "Hantu Laut" TNI AL Dengan Kemampuan Personel Setara 120 Prajurit Lain

Dibandingkan versi sebelumnya, SS-2 ini punya tingkat akurasi yang lebih dengan bobot yang lebih ringan. Desain senapan SS2 berasal dari senjatta FN-FNV Belgia yang lisensinya dibeli PT Pindad.

Senapan ini memiliki semua standar internasional (NATO) dengan harga jualnya lebih murah dibanding senjata sejenis buatan negara lain.

Kapasitas magasin SS-2 memuat 30 butir peluru ukuran 5.56 x 45 mm, peluru yang sama dengan yang digunakan senjata M-416 dan mampu menembakan 700 butir peluru tiap menit.

TNI berhasil menjuarai lomba menembak antar-negara Australia Army Skill-At-Arms Meeting (AASAM) selama 11 kali berkat senapan buatan PT Pindad ini.

2. SS4 (Senapan Serbu 4 )

SS4 adalah pengembangan dari SS-2 yang diperkenalkan pada tahun 2016 dan diklaim mampu mengalahkan kemampuan senapan serbu paling terkenal di dunia, AK-47 buatan Rusia. Jarak tembak efektif SS4 mencapai 600-800 meter sementara AK-47 hanya efektif pada range 300 meter.

3. SPR-2 Kaliber 12,7 mm

SPR 2 adalah senapan tembakan tunggal atau biasa disebut single bolt. Senjata ini dilengkapi dengan fitur a malt baffle muzzle brake yang mampu mereduksi recoil dan membuat senapan ini 'mulus' saat dioperasikan.

Dilengkapi dengan bipod yang tingginya dapat diatur, SPR dirancang sebagai senapan penembak jitu yang mampu menembakkan peluru secara akurat hingga jarak 2 kilometer.

Peluru kaliber 12,7 mm SPR2 mampu menembus tank lapis baja dan bahkan dilengkapi dengan alat peledak yang mampu meledakkan kendaraan tempur. Oleh sebab itu, Kemunculan SPR2 ini membuat heboh dunia militer internasional, khususnya para sniper.

Berkat kemampuannya yang luar biasa, Senapan Sniper SPR-2 setingkat dengan senjata sniper canggih lain dari seluruh dunia.

4. SSBA (Senapan Serbu Bawah Air)

Pindad bekerja sama dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Angkatan Laut untuk mengembangkan senapan serbu bawah air (SSBA)
SSBA ini didesain untuk mendukung pertempuran baik di darat maupun di dalam air.

Jadi, meski senapan ini juga digunakan pada pertempuran di bawah air, performa tembakannya tidak berkurang.

Senjata ini menggunakan peluru kaliber 5,66 x 150 mm dengan berat senjata 4,5 kilogram.

Range tembakan efektifnya antara 20-30 meter di kedalaman air 5 meter, 10-20 meter pada kedalaman 20 meter dan 5-10 meter pada kedalaman 40 meter.


Itulah tadi beberapa senjata buatan PT. Pindad yang sanggup menyaingi bahkan melampaui senjata-senjata canggih di dunia. Kira-kira kalau dimasukkan ke dalam game PUBG setuju ga?

Panglima TNI Menilai Bangsa Indonesia Belum Cukup Dewasa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia