logo


Bikin Rumah Adem Tanpa AC, Bagaimana Caranya?

simak penjelasannya

3 Oktober 2019 11:43 WIB

tribun bali

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Akhir-akhir Udara di beberapa kota di Indonesia ini sedang mengalami peningkatan suhu akibat dari musim kemarau panjang. Ditambah semakin banyaknya rumah-rumah dan bangunan yang menggunakan AC. Meski dianggap sebagai hal yang wajar, namun penggunaan AC bisa menyumbang emisi gas rumah kaca yang sangat berperan pada pemanasan global.
Nah, beberapa trik dan tip berikut ini bisa kamu coba kalau kamu pengen punya rumah yang sejuk tanpa harus pakai AC.

1. Buat Banyak Ventilasi

Buatlah banyak bukaan seperti jendela atau ventilasi agar sirkulasi udara dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Buatlah ventilasi yang lebih banyak dari biasanya. Tapi jangan asal ya, sebab jika bukaan menghadap ke timur, sinar matahari dapat langsung menyoroti rumah dan membuat suhu menjadi lebih panas.


Move On dari Mantan dengan Cara Elegan Tuh Begini Lho...

2. Pakai Cat Khusus

Gunakan cat yang berlapis berbahan khusus agar sinar dan radiasi dari matahari dapat dengan mudah dipantulkan
Cat khusus ini bahkan mampu menurunkan suhu udara hingga 10 derajat Celcius. Bahan khusus ini terdiri dari pelapis fotokromik dan termokromik. Pelapisan fotokromik berfungsi sebagai filter intensitas cahaya matahari yang masuk. Sedang, pelapis termokromik berfungsi untuk memantulkan kembali udara panas.

3. Kurangi Penggunaan Dinding Kaca

Sebaiknya jangan gunakan banyak elemen kaca pada dinding jika kamu nggak mau kepanasan. Hal ini disebabkan karena material kaca bersifat menyerap suhu yang dipantulkan oleh sinar matahari. Bahkan jika suhu terlalu tinggi, pantulan sinar matahari yang diterima dan dibiaskan oleh kaca dapat menyulut api. Ga percaya? Coba deh taruh kertas di lantai, lalu biaskan cahaya matahari menggunakan kaca pembesar ke atas kertas tersebut.

4. Pilih Material Bangunan yang Terbuat Dari Batu Bata

Bangunan yang terbuat dari batu bata atau beton memiliki suhu yang lebih rendah karena tingginya massa termal material tersebut. Massa termal merupakan kemampuan bahan bangunan untuk menyerap dan melepaskan panas yang secara perlahan.

5. Kurangi Sekat Ruangan

Meminimalisir ruangan dengan banyak sekat dalam rumah. Hal ini menyebabkan udara jadi lebih panas dan terasa sumpek. Nyatanya, rumah yang lebih luas akan terasa lebih lega dan sejuk jika ditempati. Kalau nggak percaya, coba hilangkan sekat antara ruang tamu dan ruang keluargamu. Sirkulasi udara juga menjadi lebih terjaga.

Dengan cara-cara tersebut kamu bisa mengurangi penggunaan AC untuk membuat rumahmu tetap dingin sekaligus lebih hemat listrik. Selamat mencoba!

Cara Jantan Buat PDKT Sama Cewek

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia