logo


Komnas HAM Sebut Cara Wiranto Atasi Demo Mahasiswa Mirip dengan Kejadian 98

Simak ulasan selengkapnya

2 Oktober 2019 12:38 WIB

Menko Polhukam, Wiranto
Menko Polhukam, Wiranto Kemenkopolhukam

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam menyebut Menkopolhukam, Wiranto menggunakan cara yang sama saat menanggulangi demo mahasiswa.

Choirul menjelaskan cara yang dimaksud adalah ketika kejadian tahun 98 dimana waktu itu para mahasiswa yang menggelar aksi demo juga dituduh Wiranto ditunggangi dan disusupi.

Kalau Pak Wiranto misalnya bolak-balik bicara soal ada orang yang menunggangi aksi mahasiswa dan sebagainya, ini kan narasi yang waktu kami menjadi mahasiswa dulu, yang kami dengar juga seperti itu. Ya kan waktu aksi mahasiswa 97-98 itu (beliau) bilang bahwa ini ditunggangin, ini disusupin itu, itu disusupin ini. Berulang-ulang seperti itu," ujar Choirul seperti yang dikutip dari laman Replubika (02/10).


Wiranto Sebut OPM dan Benny Wenda Sebagai Dalang Kerusuhan Wamena

Ia pun mengingat kembali saat kejadian 98 dimana para mahasiswa dituduh telah disusupi oleh pihak-pihak lain.

"Kami bertanya-tanya, lho, mana ini yang disusupi? Ini kan teman-teman kami sendiri," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seharusnya pemerintah konsisten dengan statement tersebut apabila memang disusupi oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Menurutnya oknum itu harus ditangkap bukan malah menangkap para mahasiswa.

"Kalau ada yang menunggangi dan ancam keamanan, ya, mereka yang harus ditangkap, jangan adik-adik mahasiswanya. Jadi, ekspresi menjaga keamanan ini jangan sampai salah arah," kata dia.

Jokowi Diminta Segera Copot Wiranto-Tito, Ngabalin: Apa Urusannya?

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma