logo


Wakil Presiden Harapkan DPR Baru Dapat Berfungsi

Simak berita selengkapnya

1 Oktober 2019 20:08 WIB

Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla Wapresri.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 usai dilakukan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan para anggota dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

“Harapannya DPR ini berfungsi betul. Fungsi DPR ini kan tiga hal, legislasi, budgeting dan pengawasan. Tiga hal itu yang harus dilaksanakan dengan baik,” ujar Wapres melansir dari Antara, (01/10).

Menurutnya, DPR periode sebelumnya telah mencatatkan rapor merah. Hal itu terkait fungsi legislasi yang tergolong lambat, sehingga revisi dan rancangan UU terkesan terburu-buru menjelang masa akhir jabatan.


Resmi Dilantik Jadi Anggota DPR, Syamsurizal Berharap Duduk di Komisi IV

JK menyebut keterlambatan proses legislasi DPR dikarenakan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait perancangan UU.

Karena perihal itu, JK mengharapkan anggota DPR yang baru dapat memperbaiki kekurangan pada periode sebelumnya yakni memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat mengenai revisi maupun rancangan undang-undang.

“DPR harus bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai isu UU itu. Juga Pemerintah, karena UU itu kan hasil dari DPR dan Pemerintah,” pungkasnya.

Pesan Politikus Senior Golkar kepada Generasi Milenial yang Menjadi Anggota DPR

Halaman: 
Penulis : Iskandar