logo


Terlalu Banyak Ngopi Bikin Keracunan Kafein, Begini Cara Menguranginya...

berikut penjelasannya

1 Oktober 2019 16:22 WIB

klikdokter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kopi sering menjadi pilihan utama untuk menemani beragam aktvitas seperti di rumah dan di kantor.

Dorongan energi datang dari rata-rata 85 mg kafein dalam setiap cangkirnya. Kadar kafein ini bisa berbeda tergantung jenis kopi dan banyaknya porsi yang diminum.

Namun, apabila asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, maka sangat mungkin membawa dampak negatif seperti keracunan kafein. Tanda awal keracunan kafein ditandai dengan rasa mual dan pusing atau bahkan gangguan pencernaan. Efek Keracunan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang.


Keren! Oda Telah Ungkap Perbandingan Lengkap Rocks dan Roger!

Untuk mengurangi dan menghilangkan efek keracunan tersebut, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah...

1. Minum Banyak Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh seperti memberikan pasokan kadar oksigen pada otak dan membersihkan ginjal.

Air dapat menekan kadar kafein yang tinggi didalam lambung kemudian mengeluarkannya melalui urin. Setelah asam lambung yang bercampur kafein telah berkuran, tubuh akan terasa lebih ringan dan nyaman.

2. Minum Susu

Susu mengandung nutrisi yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi. Susu kaya akan kalsium, magnesium, selenium, riboflavin (vitamin B2), Vitamin B12 dan asam pantothenat (vitamin B5).

Disamping itu, susu juga mengadung laktosa yang membuat racun dalam tubuh cepat dikeluarkan melalui urine. Sama dengan air putih, namun susu bereaksi lebih cepat. Susu juga memberikan perasaan nyaman karena mengandung tryptophan yang berfungsi untuk meningkatkan kadar serotonin sehingga membuat tubuh merasa lebih rileks.

3. Buah Pisang

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein memang akan berpengaruh pada penurunan potasium. Penurunan postasium secara drastis dalam tubuh ditandai dengan detak jantung yang tidak konstan. Buah pisang adalah buah yang mudah ditemukan dan mengandung zat potasium yang tinggi.

Apabila langkah diatas tidak membawa perubahan pada tubuh dan efek keracunan kafein tersebut berlangsung lebih dari enam jam disertai sesak nafas, saatnya Anda meminta pertolongan medis.

Ternyata Ngopi itu Bermanfaat Buat Tubuh Lho....

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia