logo


Menteri PUPR Sebut Ada 4 Tantangan Besar Pembangunan Selama 2014-2019, Apa Saja?

Empat tantangan besar pembangunan itu telah dijawab melalui pembangunan infrastruktur PUPR

1 Oktober 2019 15:14 WIB

Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat menyampaikan orasi ilmiah yang bertemakan Pembangunan Infrastruktur Yang Merata Sebagai Perwujudan Keadilan Sosila Dan Percepatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/10).
Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat menyampaikan orasi ilmiah yang bertemakan Pembangunan Infrastruktur Yang Merata Sebagai Perwujudan Keadilan Sosila Dan Percepatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/10). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyebut ada empat tantangan besar pembangunan selama periode 2014-2019.

Demikian disampaikan Basuki saat menyampaikan orasi ilmiah yang bertemakan Pembangunan Infrastruktur Yang Merata Sebagai Perwujudan Keadilan Sosila Dan Percepatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/10).

Menurutnya, empat tantangan besar itu yang pertama adalah disparitas wilayah antara barat dan timur, antara desa dan kota, serta antara kawasan perbatasan dan pusat ekonomi.


Karena Tol, Menteri Basuki: Jawa Ini Sudah Jadi ‘Urbanized Island’

Tantangan yang kedua adalah kebutuhan peningkatan daya saing nasional, di antaranya memerlukan peningkatan konektivitas. Yang ketiga adalah pemanfaatan sumber daya yang belum optimal dalam mendukung kedaulatan pangan dan energi.

“Dan yang terakhir adalah urbanisasi yang tinggi dengan 56 persen penduduk tinggal pada kawasan perkotaan yang perlu terfasilitasi kebutuhan perumahan, air bersih dan Sanitasi serta fasilitas pemukiman lainnya,” ujarnya.

Basuki mengatakan bahwa empat tantangan besar pembangunan itu telah dijawab melalui pembangunan infrastruktur PUPR yang dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR tahun 2015-2019.

Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Pancasila, Menteri Basuki: Presiden Menyadari....

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata