logo


Denjaka, "Hantu Laut" TNI AL Dengan Kemampuan Personel Setara 120 Prajurit Lain

berikut penjelasannya

1 Oktober 2019 14:41 WIB

topmetro.news

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Denjaka atau Detasemen Jalamangkara adalah pasukan elit Angkatan Laut Indonesia yang dibentuk pada tahun 1984. Segala operasi dan aktifitas pasukan yang mempunyai seragam warna hitam dan baret ungu ini bersifat klandestein dan sangat jarang dipublikasikan. Jumlah personel Detasemen ini pun juga dirahasiakan.
Anggota Denjaka merupakan prajurit-prajurit terbaik gabungan dari Kopaska (Komando Pasukan Katak) dan Yon-Taifib (Batalyon Intai Amfibi) Korps Marinir Angkatan Laut yang telah dibekali dengan berbagai kemampuan teknis dan taktis anti terror. Kemampuan satu personel Denjaka digadang-gadang setara dengan 120 tentara TNI biasa. Tugas utama pasukan elit ini adalah menanggulangi semua aspek terror, terutama yang terjadi di wilayah perairan idonesia.

Anggota Denjaka dilatih dengan keras dan ekstrem. Menu latihan yang biasa mereka jalani seperti dilepaskan di tengah laut dengan kaki dan tangan yang terikat, serta diberi beban balok besi agar mereka tenggelam. Dalam latihan itu, mereka harus mampu melepas ikatan dan berenang menyelamatkan diri.

Selain itu, mereka juga sering menjalani latihan survival di hutan dimana mereka dilepas ke tengah rimba tanpa perbekalan dan harus mampu bertahan hidup selama berminggu-minggu serta latihan terjun dari udara.


Pasukan Elit Terkeren Di Dunia, Kopassus Salah Satunya

Prajurit Denjaka harus menguasai segala medan, baik laut, darat dan udara.
Menu latihan yang gila ini kabarnya membuat banyak pasukan dari luar negeri takjub sekaligus ngeri.

6 Negara Ini Jadi yang Paling Sulit Ditaklukan di Asia, Indonesia Salah Satunya!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia