logo


6 Negara Ini Jadi yang Paling Sulit Ditaklukan di Asia, Indonesia Salah Satunya!

berikut penjelasannya

1 Oktober 2019 12:10 WIB

jejaktapak.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Asia merupakan benua terbesar di bumi. Luas benua ini lebih dari 44.500.000 kilometer persegi. Asia adalah benua dengan jumlah populasi terbesar. Kekuatan militer negara-negara di kawasan Asia sering dianggap jauh dibawah negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, menurut situs Global Fire Power, justru peringkat 8 besar didominasi oleh kekuatan Asia. Berikut ini beberapa negara Asia yang ternyata mempunyai kekuatan militer yang kuat yang sulit ditaklukkan

1. India

Kebanyakan orang menganggap India sebagai negara miskin yang kurang mampu bersaing dengan negara lainnya. Walaupun angka kemiskinan di negara tersebut masih tinggi, namun ternyata India adalah negara dengan laju ekonomi tercepat di dunia.


5 Tank Tercanggih Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Lho...

Di bidang militer, India berada di peringkat ke empat dunia. Dibawah Tiongkok, Rusia dan Amerika Serikat. Jumlah tentara mencapai 1,1 juta orang, memiliki 100 hulu ledak nuklir dan lebih dari 3.000 tank. India, dalam hal militer juga bekerja sama dengan banyak negara maju Eropa

2. Pakistan

Negara musuh bebuyutan India ini juga tidak mau kalah dengan tetangganya. Di bidang militer, Pakistan termasuk negara yang mempunyai jumlah misil nuklir terbanyak. Hal ini membuat Tiongkok dan India waspada. Selain itu, Pakistan juga mempunyai angkatan udara yang terkenal handal yang dipersenjatai dengan 900 pesawat tempur teknologi canggih.

Di bidang ekonomi, negara ini berada di urutan ke-5 dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat.

3. Jepang

Negara ini menduduki ranking 3 dalam hal ekonomi dan urutan ke 6 dalam kekuatan militer. Walaupun tidak sebesar Tiongkok, namun Jepang tidak bisa dianggap lebih lemah. Negara ini bekerja sama dengan Amerika baik di bidang ekonomi, militer, teknologi, dan bidang lainnya. Kabarnya, dilansir dari boombastis.com, Jepang memiliki misil yang mampu menembakkan rudal balistik dari luar atmosfer bumi. Kekuatan angkatan laut Jepang adalah yang terkuat di Asia.

4. Tiongkok

Tiongkok adalah negara dengan penduduk terbesar di dunia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dan tingkat perekonomian yang lebih besar dari India. Negeri Tirai Bambu ini memiliki lebih dari 1,5 juta personel angkatan darat dengan jumlah tank lebih dari 13 ribu. Angkatan udara Tiongkok dipersenjatai lebih dari 3 ribu pesawat tempur teknologi mutakhir.

Ranking militer Tiongkok berada di urutan tiga teratas dunia, dibawah Amerika dan Rusia menurut situs Global Fire Power, sehingga Tiongkok bisa dibilang negara dengan kekuatan militer terkuat se-Asia.

5. Korea Selatan

Di bidang militer, Korea Selatan punya 625 ribu pasukan aktif, serta lebih dari 2.500 tank. Korea Selatan juga mampu memproduksi sendiri persenjataan militernya termasuk tank dan peluncur roket. Kekuatan militer Korea Selatan berada pada urutan ke 7 dunia menurut Global Fire Power

6. Indonesia

Kekuatan militer Indonesia amenduduki peringkat ke-16 menurut Global Fire Power. Satu peringkat diatas Israel. Didukung lebih dari 800 ribu pasukan aktif, 450 pesawat tempur, dan lebih dari 1500 kendaraan lapis baja dan tank, Indonesia menjelma menjadi negara terkuat dalam hal militer di kawasan Asia Tenggara.

Hubungan yang erat dengan Rusia membuat Indonesia mendapat pasokan peralatan militer canggih. Disamping itu, lewat PT Pindad, Indonesia tidak hanya mampu membuat namun juga berhasil mengekspor senjata-senjata ke berbagai negara.

Pasukan Elit Terkeren Di Dunia, Kopassus Salah Satunya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia