logo


Memulai Bisnis?? Beberapa Hal Berikut Ini Perlu Anda Perhatikan!

mari baca

30 September 2019 15:47 WIB

berinovasi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dewasa ini, banyak kalangan anak muda yang meraih kesuksesan dalam dunia bisnis. Kejenuhan dan waktu yang terikat menjadi alasan yang lazim bagi mereka untuk memilih berbisnis daripada merintis karir menjadi karyawan. Namun, satu hal yang harus dicatat. Bisnis itu tidak mudah. Modal uang dan ide tidak menjamin bisnis seseorang dapat survive dan bertahan lama.

Diperlukan mental sekuat baja untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada dalam mengejar kesuksesan dalam bisnis. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa diaplikasikan bagi pemula yang ingin merintis usahanya.

1. Mulai dari Hobi


Sampaikan Orasi di UGM, Deputi IV Kemenko PMK Bicara Bisnis Digital

Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Memulai bisnis dengan sesuatu hal yang menjadi hobi kita cenderung membuat kita enjoy dan semangat dalam mengerjakannya. Energi positif akan tersalurkan, yang nantinya membawa hasil yang maksimal.

2. Fokus

Dengan kamu fokus pada satu peluang, pikiran dan ide kamu akan lebih terarah. Kamu akan lebih mudah untuk merealisaikan ide-ide tersebut. Dengan fokus pada satu arah, kamu akan lebih mudah memahami kelebihan dan kekurangan dari peluang tersebut.

3. Membaca Kompetitor

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan bisnis kamu, mulailah mengenal siapa saja yang menjadi kompetitor di bidang yang sama. Cari kelebihan dan kekurangan dari kompetitor tersebut terkait apa yang mereka tawarkan kepada konsumen. Kamu harus mempelajarinya supaya barang atau jasa yang kamu tawarkan mempunyai perbedaan dan keunikan yang tidak dimiliki kompetitor yang lain.

4. Promosi yang efektif

Tak kenal maka tak sayang. Promosi menjadi hal yang wajib dilakukan apalagi untuk usaha yang baru dirintis. Selain lebih dikenal, mempromosikan bisnis secara efektif dapat meningkatkan penjualan. Tonjolkan semua kelebihan dan keunikan dari kualitas produkmu agar minat konsumen meningkat.

5. Belajar dari Kesalahan

Semua orang pasti melakukan kesalahan. Dalam bisnis, kesalahan menjadi suatu hal yang wajar dan sering terjadi. Apalagi bagi bisnis start up. Kamu harus mencatat semua kesalahan dari bisnismu itu agar tidak terulang lagi.

Belajar dari kesalahan juga akan meningkatkan kemampuanmu dalam memecahkan masalah dan mencari solusi terbaik dalam waktu singkat.

6. Terima Kritik dan Saran

Dalam dunia bisnis, konsumen dalah raja. Kritik dan saran dari konsumen adalah bentuk kepedulian terhadap usaha dan bisnis anda. Tidak jarang, justru kritik dan saran dari konsumen adalah hal-hal yang mungkin belum pernah anda pikirkan. Perhatikan hal ini agar bisnis anda berjalan ke arah yang lebih baik.

Gunakan Nama Asli Jadi Brand Usaha, 5 Orang ini Tuai Kesuksesan!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia