logo


Syukurlah, 2016 Nanti Pemkab Barito Utara Akan Bangun Agrowisata

Kawasan agrowisata ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat pembibitan hortikultura dan kawasan wisata

13 Maret 2015 10:39 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

BARITO UTARA, JITUNEWS.COM - Satu lagi geliat pemerintah daerah di bidang pariwisata, yakni Pemkab Barito Utara-Kalimantan Tengah yang berencana membangun sebuah kawasan agrowisata, dengan sasaran luas lahan yang mencapai puluhan hektar.

Menurut Setia Budi selaku Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Barito Utara, pembangun area agrowisata tersebut sudah masuk ke dalam program kerja 2016 Pemkab Barito Utara. Kawasan agrowisata tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat pembibitan hortikultura dan kawasan wisata.

Bahkan, Pemkab Barito Utara telah menanami puluhan jenis tanaman buah-buahan atau ratusan pohon induk seluas 11 hektare, di lokasi yang terletak di kilometer 7, Jl. Negara Muara Teweh-Puruk Cahu. Dan secara bertahap, luas kawasan tersebut akan dikembangkan hingga mencapai 50 hektare, sehingga menjadi salah satu lokasi agrowisata yang menarik bagi kabupaten di pedalaman Sungai Barito. Mantap !!!


Sebentar Lagi Sido Muncul Akan Sulap 2 Desa Ini Jadi Agrowisata

Setidaknya, di lokasi tersebut sudah ditanami ratusan pohon durian dari berbagai varietas, yang dikembangkan dengan cara okulasi dan sebagian besar sudah berbuah. Selain itu, lokasi tersebut juga sedang dikembangkan beberapa jenis buah lainnya seperti salak tanpa biji, kelengkeng dataran rendah, cempedak lokal, cempedak king (tanpa biji), alpukat, mangga, jeruk siam, duku Palembang, dan rambutan rapiah

Dan agar area agrowisata ini nantinya lebih berwarna, tanaman obat dan beberapa buah langka juga ikut dibudidayakan. Tanaman-tanaman tersebut sengaja ditanam, agar tanaman tersebut tidak punah. Adapun buah langka yang nantinya akan dibudidayakan di kawasan ini antara lain tangkuhis, siwaw, bulau, tangkaring, manggis dan lanamon. Sedangkan tanaman obat langkanya seperti saluang belum, pasak bumi dan mahkota dewa.

Selain itu pihak Pemkab Barito Utara juga akan menjadikan Balai Benih Ikan (BBI) ikan di desa Tringsing, kecamatan Teweh Selatan, sebagai tempat wisata memancing untuk masyarakat. Di kawasan itu nantinya juga akan disediakan tempat untuk masyarakat yang ingin memanggang ikan. Dimana ikan yang dpanggang merupakan hasil memancing di kolam-kolam yang tersedia. Semoga.

Kabar Gembira! Pemkab Solok Akan Kembangkan Kebun Manggis Jadi Agrowisata

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah