logo


Makhluk Seram itu Mereka Beri Nama Suanggi

yuk baca

30 September 2019 14:15 WIB

Ilustrasi Hantu
Ilustrasi Hantu bombastis

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kisah mengenai makhluk tak kasat mata sangat banyak beredar di masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di wilayah Indonesia Timur. Di daerah Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, mereka mengenal satu sosok hantu jahat yang sering berkeliaran mencari korban. Makhluk itu mereka beri nama Suanggi.

Dalam penggambarannya, hantu ini sering beraksi untuk mencari korban pada waktu tengah malam dengan wajah yang sangat seram untuk dibayangkan.

Menurut kepercayaan masyarakat Indonesia Timur, terutama di daerah Maluku, Nusa Tenggara dan Papua, Suanggi sering melakukan ritual mistis dengan menari dibawah sinar bulan purnama. Suanggi termasuk makhluk gaib yang jahat. Ia bisa merasuki siapa saja yang ia incar tanpa pandang bulu. Korban yang dirasuki makhluk tersebut nantinya akan meninggal dengan cara-cara yang tidak wajar.


Misteri Hantu Wedon, Bisa Membuat Manusia Kena Luka Bakar

Suanggi sering dihubungkan dengan tukang sihir atau seseorang yang mempunyai perjanjian dengan iblis dan roh jahat.

Menurut kepercayaan masyarakat Papua, Suanggi berpindah tempat dengan cara terbang. Ia akan mengubah wujudnya menjadi bola api.

Sementara itu, masyarakat Halmahera menggambarkan hantu ini berwujud wanita yang cantik. Target korbannya adalah laki-laki hidung belang yang terjerat oleh tipu dayanya. Konon, setelah melakukan hubungan intim, Suanggi akan menyerang dan menghabisi nyawa korbannya.

Lain lagi dengan kepercayaan masyarakat Nusa Tenggara Timur. Suanggi diyakini adalah seorang wanita tua yang memendam kedengkian terhadap masyarakat disekitarnya. Ia selalu iri dan tidak suka terhadap siap saja yang melebihi dirinya, baik itu secara harta maupun ilmu. Ia menghabiskan 40 hari untuk bertapa di hutan agar memperoleh ilmu sihir dari penunggu hutan tersebut. Kemudian ia mati saat mempraktekkan ilmu sihir tersebut.

Konon, arwah wanita itu masih bergentayangan dan mencari korban hingga saat ini.

Yuk! Kenalan Dengan Genderuwo

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×