logo


Terdapat 6 Titik Panas di Kabupaten NTT, BMKG Mengimbau Masyarakat Tak Lakukan Ini

Simak berita selengkapnya

30 September 2019 11:53 WIB

Karhutla NTT
Karhutla NTT Media Indonesia

KUPANG, JITUNEWS.COM – Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah titik panas tersebar di enam kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Sudiono Abadi terkait titik panas di wilayah NTT.

“Berdasarkan analisis peta sebaran titik panas dengan pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NAA20 oleh LAPAN, hari ini terpantau titik panas di enam kabupaten Kupang,” tutur Sudiono dilansir dari Antara, (30/09)

Ia mengimbau masyarakat agar tidak membuang api maupun membakar di sekitar area hutan. Petani disarankan selalu waspada jika masih menggunakan pola tebas dalam pembukaan lahan baru.


Mahasiswa Disiram Water Canon, Youtuber: Mending Buat Karhutla

Dalam mencegah kerugian yang lebih besar, pergerakan api harus terus dipantau supaya tidak merambat ke area hutan atau pemukiman penduduk, begitu lanjut dia.

Pada awal September, tercatat telah terjadi tiga kali kebakaran hutan yakni kebakaran hutan di pengunungan Molo Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang berakibat hangusnya lahan sepanjang delapan kilometer.

Gelar Pertemuan dengan Tokoh Nasional, Presiden: Jangan Ragukan Komitmen Saya

Halaman: 
Penulis : Iskandar