logo


5 Tank Tercanggih Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Lho...

berikut penjelasannya

30 September 2019 10:31 WIB

wikipedia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kendaraan perang berlapis baja ini digunakan pertama kali oleh Inggris pada tahun 1915 saat mereka terlibat dalam Perang Dunia I. Sejak saat itu, berbagai negara di dunia mulai membuat dan mengembangkan teknologi tank yang canggih. Berikut 5 tank terbaik yang ada di dunia.

1. Leopard 2A7

Leopard 2A7 memiliki perlindungan yang baik dari serangan RPG dan bom rakitan. Sangat cocok digunakan didalam situasi perang kota.
Leopard 2A7 ini mempunyai akurasi yang baik dan daya jelajah yang tinggi. Tank ini mampu melaju hingga 70 km/jam dan menjadi salah satu tank tercepat. Tank buatan Jerman ini dipakai banyak negara salah satunya Indonesia.


Panglima TNI : Pembentukan Kogabwilhan Upaya Pembangunan Kekuatan TNI

2. MIA2 Abrams

Tank ini merupakan tank generasi ketiga yang menggunakan nama Jendral Abrams, seorang jenderal Amerika Serikat di perang vietnam. MIA2 cocok digunakan dalam perang darat modern. Selain Lapisan baja yang sangat kokoh dan solid, tank ini juga dilengkapi meriam kaliber 120 mm. Penyimpanan amunisinya terpisah demi alasan keamanan krunya. Tank ini berbobot 62 ton dan merupakan salah satu yang terberat. Hingga saat ini, MIA2 menjadi tank utama pasukan angkatan darat dan marinir AS.

3. TK-X

Tank ini adalah hasil pengembangan Jepang dan mulai digunakan tahun 2012. Diklaim sebagai tank paling canggih di dunia dengan berat yang relatif ringan dari tank yang lain membuat tank ini memiliki Kelincahan yang sangat baik. Senjatanya menggunakan kaliber 120 mm seperti yang digunakan oleh Tank Leopard dan MIA2 Abrams

4. Armata

Spesifikasi dari Tank yang diproduksi oleh Rusia pada tahun 2015 ini masih dirahasiakan. Konon, saking canggihnya, kemunculan tank ini membuat banyak negara Eropa gerah, bahkan Inggris dan Jerman tengah mengembangkan tank jenis baru dengan teknologi tinggi untuk bisa menyaingi Armata.

5. Oplot-M

Oplot-M mulai dikembangkan dan diproduksi oleh Ukraina sejak Uni soviet runtuh dan mulai digunakan 1998. Merupakan tank paling ngebut di dunia, dengan kecepatan yang mencapai 72 km/jam. Meski dibuat dan dikembangkan oleh Ukraina namun negara ini tidak mempunyai sumber daya yang cukup untuk membiayai operasional tank Oplot-M. Satu-satunya negara di dunia yang menggunakan tank ini adalah Thailand.

Gila! Pesawat ini Punya Ukuran Ga Masuk Akal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia