logo


Yuk! Kenalan Dengan Genderuwo

simak mitosnya

28 September 2019 13:38 WIB

makintau.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Genderuwo atau Genderuwa adalah salah satu hantu dalam kebudayaan Jawa yang mempunyai perawakan seperti monyet raksasa.

Tubuhnya sangat besar, jauh lebih besar dari manusia normal dan bahkan ada yang berukuran sebesar pohon. Makhluk gaib ini berbulu tebal seperti monyet dan warna kulitnya hitam kemerahan.

Konon ia sering menampakkan wujudnya di rumah kosong, bangunan tua, pohon yang besar seperti pohon beringin, pohon sukun atau pohon besar lain. Salah satu tempat yang paling mereka sukai adalah tempat sepi dan lembab seperti di bantaran sungai.


Misteri Hantu Wedon, Bisa Membuat Manusia Kena Luka Bakar

Selain perwujudannya yang menyeramkan, makhluk ini terkenal dengan kemampuan saktinya. Mereka sering merubah diri dan menyamar menjadi manusia. Bangsa jin yang satu ini terkenal senang mangganggu manusia terutama menggoda kaum perempuan. Mulai dari menepuk, mencolek, mengelus bahkan konon sampai berhubungan badan berkat kemampuan hipnotisnya.

Genderuwo mampu berubah wujud menjadi pasangan si wanita yang ia incar. Dalam mitos Jawa, ketika seseorang tengah terlelap dan tiba-tiba terbangun tanpa dapat menggerakkan tubuhnya atau dalam bahasa Jawa biasa disebut dengan istilan "tindihen" atau "tindihan", konon si Genderuwo ini sedang menindihnya.

Banyak orang yang mempercayai bahwa Genderuwo berasal dari arwah manusia yang meninggal dengan tidak wajar, seperti bunuh diri, kecelakaan atau proses penguburannya tidak sempurna.

Walaupun makhluk penghuni alam gaib ini sangat berbahaya dan menyeramkan, namun banyak orang yang dengan sengaja mencari keberadaannya. Orang-orang ini biasanya ingin mendapat kekayaan dengan cara terlarang.

Mereka mendatangi dukun ilmu hitam kemudian dukun tersebut akan memerintahkan orang-orang tersebut untuk menyiapkan daging burung gagak. Mereka akan diminta untuk datang ke tempat yang dipercayai sebagai sarang Genderuwo untuk membakar daging gagak layaknya sate. Mereka percaya bahwa sate gagak merupakan makanan yang sangat disukai oleh Genderuwo. Sate gagak yang mereka bakar nantinya akan dibeli oleh bangsa Genderuwo, berapa pun harganya.

Makhluk Misterius itu Punya Kekuatan Magis yang Besar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×