logo


Jangan Tergiur Harga! Cek Dulu Mobil Second yang Ingin Dibeli

Sebelum anda membelinya pastikan terlebih dahulu kondisi mobilnya

28 September 2019 10:20 WIB

classiccars.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Takut salah pilih atau ragu untuk membeli mobil bekas? Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu untuk memastikan apakah kondisi mobil bekas itu layak dibeli atau tidak.

1. Fisik Mesin
Yang pertama, cek dulu kondisi fisik mesin mulai dengan membuka kap mesin, kemudian cermati apakah mesin pada mobil dalam kondisi bagus atau tidak. Mesin mobil yang kurang terawat biasanya terlihat kotor dengan rembesan oli atau cairan lainnya. Amati pula apakah ada mur dan baut yang rusak atau hilang.

2. Periksa Fan Belt Tali Kipas
Kemudian, periksa kondisi tali kipas atau fan belt. Ciri fan belt yang masih bagus adalah jika digoyangkan akan terasa kendur. Sebaliknya, jika terkesan keras dan kaku, kemungkinan besar mesin mobil sering dipaksa untuk bekerja ekstra atau sering digunakan untuk perjalanan jauh.


Apa yang Harus Dilakukan Jika Ban Mobil Pecah di Jalan?

3. Pemeriksaan Radiator
Memeriksa keadaan radiator dapat dilakukan dengan membuka tutup dan reservoirnya. Dalam kondisi normal, air radiator berwarna jernih. Periksa juga oli power steering dan juga selang-selangnya. Selang yang empuk saat ditekan biasanya masih dalam kondisi layak.

4. Oli Kendaraan
Oli mesin yang encer, tidak pekat, dan lengket, adalah ciri oli kendaraan masih dalam keadaan yang bagus. Hidupkan mesin mobil, kemudian periksa kembali olinya. Dalam kondisi normal, oli akan lebih encer daripada sebelumnya.

5. Aki Kendaraan
Cek bagian aki, terminal aki, perkabelan, kotak sekering mesin dan kabel busi. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan aki dengan melihat tanggal aki. Aki mobil yang dirawat dengan baik bagian alternatornya akan berjalan dengan baik. Selain itu pada terminal aki, apabila terlihat sering dibuka tutup maka akan menunjukkan kondisi aki yang tidak baik.

6. Bagian Bawah Mobil
Cermati bagian bawah mobil dan pastikan tidak ada yang bekarat, dan tidak ada tetesan oli yang berasal dari bagian bawah mobil. Lihat juga bagian knalpotnya. Jika terdapat noda bercak hitam, biasanya terjadi kebocoran di dalam salurannya.

7. Hidupkan Mesin dan Periksa Komponen dalam Mobil
Mobil yang terawat dengan baik, saat dinyalakan akan langsung menyala dan tidak tersendat walaupun mesin dalam keadaan dingin. Cek semua indikator pada bagian dashboard mobil apakah semuanya berfungsi normal atau tidak. Nyalakan semua komponen seperti dari AC dan lampu-lampu pada mobil. Mesin mobil yang masih bagus mengeluarkan suara yang halus dan konstan. Perhatikan juga warna asap yang dikeluarkan dari knalpot mobilnya. Asap yang berwarna hitam menandakan bahwa mobil tersebut sangat boros konsumsi bbm, sedangkan asap berwarna putih menunjukkan terjadinya kerusakan pada bagian piston mobil.

8. Test Drive
Langkah terakhir adalah mencoba mobil tersebut. Rasakan bagaimana akselerasinya, kenyamanannya, serta cermati dan pastikan semua komponen bekerja dengan normal dan sesuai dengan fungsinya.

Sebelum anda memutuskan untuk membelinya, cek semua kelengkapan surat-surat dan pajaknya

Motor KW Buatan China yang Bikin Cewe Pengen Dibonceng

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia