logo


Misteri Hantu Wedon, Bisa Membuat Manusia Kena Luka Bakar

Namanya masih kalah populer dibanding kuntilanak, genderuwo, dan pocong

26 September 2019 13:51 WIB

siopung

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hantu Wedon memang masih sangat asing di telinga kebanyakan orang saat ini. Namanya masih kalah populer dibanding kuntilanak, genderuwo, dan pocong. Wedon sebetulnya sangat dikenal oleh masyarakat Jawa. Mereka meyakini jenis hantu ini sangat berbahaya dan sering mengganggu orang-orang yang kebetulan melintas di tempat ia huni.

Ketika menampakan diri kepada manusia, biasanya makhluk ini berwujud seperti kain putih yang melayang-layang. Pada awal kemunculan, ukuran makhluk ini hanya sebesar kambing atau kelinci. Lama–kelamaan sang wedon akan berubah menjadi tinggi besar saking tingginya, wajah dari hantu ini tidak kelihatan.

Banyak orang yang menyamakan wujudnya dengan hantu pocong karena berwujud seperti kain putih. Tetapi konon hantu ini sering mengganggu manusia dan sangat berbahaya. Hantu wedon dapat menyerang manusia dengan menyemburkan ludahnya. Bekas semburan ludah tersebut tampak seperti luka bakar atau terkena air yang mendidih.


Serem, Inilah 4 Tanda Kamu Sedang Diikuti Hantu

Banyak orang yang percaya bahwa makhluk halus memiliki tempat atau lokasi tertentu untuk menakuti manusia dengan menampakkan wujud aslinya. Sama dengan makhluk halus yang lain, wedon juga diyakini sering menampakkan diri di tempat-tempat berikut ini .

1. Rumpun bambu

Rumpun bambu merupakan tempat favorit bagi makhluk halus jenis ini. Ia biasa menampakkan wujudnya diantara rimbunnya pohon bambu. Biasanya sosok tidak kasat mata tersebut akan menampakkan tubuhnya yang tinggi besar, sehingga membuat takut orang yang melihatnya.

2. Kebun Pisang

Wedon juga dipercaya sering menampakkan diri diantara deretan pohon pisang. Biasanya hantu jenis ini akan menampakkan wujudnya yang seperti kain berwarna putih yang lama-kelamaan akan terlihat semakin tinggi. Banyak orang yang menyangka ia melihat hantu pocong.

3. Makam Tua

Sudah lazim bagi banyak orang untuk takut melintasi tempat ini diwaktu malam. Karena bukan hanya hantu wedon saja yang mungkin akan menampakkan dirinya di tempat ini.

4. Pohon Beringin

Tempat yang sering untuk penampakan hantu wedon yang terakhir yakni pohon beringin. Bagi sebagian masyarakat Jawa, tumbuhan jenis ini dianggap angker. Hal ini dikarenakan mereka sering melihat penampakan makhluk gaib di tempat tersebut. Banyak juga yang meyakini bahwa pohon beringin sering dijadikan tempat bermukim atau bahkan kerajaan lelembut.

4 Fakta Mistis Dibalik Keindahan Gunung Lawu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia