logo


Pohon Kepuh Bali yang Menyimpan Setumpuk Misteri Dibaliknya

begini cerita misterinya

25 September 2019 14:09 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 619 x

Pohon sangatlah memberikan sejuta manfaat untuk kita. Namun dibalik segala manfaat yang diberikannya tersebut, tak sedikit juga orang-orang yang mengaitkan hal tersebut dengan hal-hal berbau mistis. Mengintip ke pulau dewata terdapat sesuatu yang unik dengan pohon ditempat tersebut, pohon bisa mengabulkan keinginan manusia? Meski terdengar cukup menggelikan, Pohon bernuansa mistis tersebut sudah kondang kesaktiannya, bahkan sudah benar-benar ada yang membuktikannya.

Tak hanya dikenal dengan keindahan tempat wisatanya, tetapi pulau dewata juga menyuguhkan beragam hal-hal yang berbau mistis yang terkadang sukses membuat para pengunjungnya merinding. Salah satunya adalah cerita mistis tentang pohon kepuh. Pohon kepuh yang digadang-gadang sudah berumur ratusan tahun ini bisa kalian jumpai di kawasan Bandara Internasional Bali, Bandara Ngurah Rai.

Hal yang membuat pohon tersebut dikenal dengan pohon mistis, bermula ketika ada pembangunan di Bandara Ngurah Rai. Pemilik bandara meminta pekerjanya untuk menebang pohon kepuh itu. Keberadaan pohon kepuh dianggap mengganggu perluasan bandara pada saat itu. Setelah mempersiapkan alat yang dibutuhkan, pekerja pun siap mengeksekusinya. Sayang, walaupun dikerahkan begitu banyak tenaga dan alat berat, tetap saja pohon kepuh berdiri kokoh dan tak sekalipun bergoyang. Bukan hanya sekali, tetapi sudah 4 kali berusaha menebangnya, tetap saja hasilnya nol besar.


Walau Avengers Endgame Film Terlaris, Tak Mampu Kalahkan Rating 3 Film Ini

ilustrasi

Menurut masyarakat Bali pohon kepuh tersebut dihuni oleh semacam roh halus. Roh halus tersebut tidak mengizinkan rumahnya dirusak. Makanya, sekeras apapun pihak bandara ingin memusnahkannya, pohon kepuh itu tetap akan berdiri tengah. Masyarakat percaya jika pohon kepuh tersebut ditebang, akan terjadi bencana besar di kawasan Bali. Namun, ada sebagian pula yang percaya, jika pihak bandara menjalankan ritual sebelum menebang, pasti hasilnnya dapat terlihat. Lagi-lagi, walaupun segala macam ritual telah dilakoni, pohon kepuh tetaplah masih setia menemani bandara Ngurah Rai.

Kepercayaan masyarakat semakin berlebih ketika pohon kepuh tak hanya difungsikan sebagai pelindung bandara melainkan juga sebagai pengabul permintaan. Kesan mistis begitu tampak saat beberapa orang yang bekerja di bandara seringkali mengutarakan keinginannya kepada pohon kepuh. Tentu saja, sesajipun tak lupa dibawanya agar pohon kepuh bisa mengabulkan permintaannya. Meski terlihat tidak wajar, konon katanya permintaan yang mereka katakan bisa terwujud.

Sungguh kesaktian dan kemistisan pohon kepuh Bali ini begitu terpercaya. Sampai-sampai ada beberapa orang yang sengaja menyempatkan waktunya untuk berdoa di bawah pohon, menjalankan ritual yang dapat membuat permintaaannya menjadi nyata. Ada pula yang setiap harinya absen dengan datang ke pohon kepuh.

Bagi masyarakat zaman sekarang mungkin hal tersebut dianggap sebagai tindakan yang konyol. Tetapi tidak dengan masyarakat Bali. Masyarakat bali percaya bahwa penunggu pohon kepuh akan berlaku baik dan mengabulkan permintaannya jika mereka rajin menjalankan ritual. Namun, jika mereka sengaja berlaku tidak baik pada pohon, musibah pun akan segera datang menghampiri. Percaya atau tidak. Semua tergantung pada keyakinan kamu masing-masing. Atau mungkin kamu yang penasaran ini ingin membuktikan seberapa besar kemistisannya?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Sekolah dalam Asap, Cerita dan Harapan Siswa Batu Ampar Kalbar

Halaman: 
Admin : Admin