logo


Berkat Mahasiswa, Pakar Sebut Jokowi Bakal Berubah Pikiran soal Revisi UU KPK

Pakar hukum optimis Jokowi akan mengabulkan tuntutan mahasiswa karena kondisi yang tidak biasa di Indonesia.

25 September 2019 10:42 WIB

IG @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) guna membatalkan revisi UU KPK yang telah ditetapkan DPR. Pakar hukum optimis Jokowi akan mengabulkan tuntutan mahasiswa karena kondisi yang tidak biasa di Indonesia.

"Kalau saya sih masih punya harapan (Jokowi terbitkan Perppu), ini kan kondisi yang tidak biasa," ujar pakar hukum dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Bivitri Susanti kepada detikcom, Selasa (24/9) malam.

Kondisi yang dimaksud Bivitri adalah aksi turun ke jalan yang dilakukan mahasiswa. Dia menilai mahasiswa melakukan demo karena khawatir dengan kondisi Indonesia setelah DPR mengesahkan revisi UU KPK.


Fahri: Saya Dengar Ancaman untuk Presiden Supaya Tidak Dilantik

"Saya baru pulang dari DPR, saya melihat betul bagaimana kondisi tidak biasa, maksudnya mahasiswa ini selama ini agak sulit digerakkan kan, tapi kalau sampai mereka bergerak artinya ada sesuatu yang serius. Jadi mereka sudah bisa melihat situasinya ke depannya akan buruk," kata dia.

Bivitri berharap Jokowi betul-betul mendengarkan aspirasi dari mahasiswa. Menurutnya suara mahasiswa dari seluruh Indonesia itu bisa mengubah pandangan Jokowi.

"Jadi saya berharap Pak Jokowi melihat betul bagaimana mahasiswa itu bergerak, seluruh Indonesia kan, sehingga dia mau mengubah pandangannya," ucapnya.

Jokowi Ingin Pasal Penghinaan Presiden Dihapus, PSI: Tidak Perlu Ada Pasal Karet

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu